You are here:
E-mail Cetak PDF

PROGAM KERJA PENGELOLAAN WEBSITE

Prosedur/ progam kerja pengelolaan website Pengadilan Agama Wonosobo adalah sebagai berikut : (1) Membuat menu utama sesuai kegiatan 2018 (2) Penyiapan Bahan Website, (3) Entri Data, Koreksi, Mengunggah/Memperbarui web, (4) Pemeliharaan Sistem dan merubah Tampilan.

 

Uraian prosedur kegiatan adalah sebagai berikut :

 

3.1. Membuat menu utama kegiatan 2018

Dalam pelaksanaan menu utama, pertama yang dilakukan adalah menambah folder menu dengan kegiatan koordinasi dengan bagian program. Koordinasi dengan setiap unit kerja untuk mendapatkan data terbaru dan terupdate.

Setelah data terkumpul, diedit kembali untuk diupload ke web oleh administrator sesuai dengan kelompoknya, ada yang info teknologi ataupun ke laporan dan artikel lainnya.

 

3.2. Penyiapan Bahan Website untuk artikel Berita

 Perencanaan

Berkoordinasi dengan unit kerja pengadilan untuk semua kegiatan, tentang jadwal yang akan dilakukan, apabila layak untuk diupload langsung untuk melakukan perencanaan ke lapangan. Pengambilan dokumentasi dan artikel berita.

 

 Penulisan Naskah Artikel

Setelah terkumpul materi informasi dan bahan pendukung, dilanjutkan dengan penulisan naskah. Pembuatan naskah berdasarkan hasil actual lapangan dan bahan dokumentasi sesuai dengan judul yang telah ditentukan.

 

 Skenario video dan komik

 

Setelah naskah selesai dibuat, selanjutnya disusun skenario berdasarkan judul-judul materi informasi teknologi yang telah ditentukan. Secara rinci pembuatan skenario meliputi: 1) penentuan alur cerita, 2) penempatan gambar/video, 3) durasi frame, 4) pemilihan format, rasio foto, gambar dan lain-lain.

 

 Editing

Proses ini dilakukan setelah mendapat masukan dari hasil tahap editing dan evaluasi yang sudah dilakukan. Editing ini dilakukan untuk hal-hal ataupun perubahan foto (gambar) tanpa merubah skema dasar yang sudah dihasilkan.

 

3.3.   Entri data, koreksi

 

Entri data dilakukan melalui program MS Word transfer ke program notepad diakhiri paste ke Article Manager Website. Koreksi dapat dilakukan melalui program article manager melalui Administrator. Adapun upload data dengan mentransfer file menjadi extension pdf dan untuk gambar ditranfer menjadi extensi jpeg.

 

3.4.   Pelatihan SDM Pengelola Website

 

Semakin beragamnya tuntutan kebutuhan pengguna informasi di Pengadilan Agama Wonosobo membuat kualitas layanan pengadilan perlu lebih ditingkatkan. Pemanfaatan Teknologi Informasi yang optimal dan pengembangan Sistem Informasi yang berkelanjutan menjadi hal yang tidak dapat ditinggalkan. Menyikapi hal tersebut, Pengadilan Agama telah melakukan Koordinasi, Workshop, maupun sosialisasi dengan mengacu pada kebijakan e-Government.

Guna meningkatkan kinerja dalam pemanfaatan Teknologi Informasi di Pengadilan Agama Wonosobo, maka perlu telah disusun kelompok kerja (pokja) yang terdiri dari 3 aspek yakni:

1. Infrastruktur dan jaringan;

2.Web dan Pengelolaan Informasi; serta

3Aplikasi dan Database. 

 

Langkah-langkah yang harus diupayakan untuk memperkaya situs web adalah dengan memperbanyak konten, melengkapi fitur interaktifitas/transaksi, backlink ke situs web pengadilan, memperbanyak artikel ilmiah, menerbitkan hasil-hasil/ produk pengadilan.

Dalam pengelolaan situs web, diperlukan penyempurnaan/pemutakhiran /pemeliharaan konten, sehingga masyarakat dapat memperoleh informasi lebih luas dan lengkap tentang penyelesaian perkara. Selain itu, situs web harus dapat menjangkau kalangan yang lebih luas, misalnya generasi muda dengan pemanfaatan media sosial. Diperlukan juga promosi situs web kepada pemangku kepentingan terkait, baik di internal maupun eksternal instansi.

 

Kemampuan satker dilingkup Pengadilan Agama Wonosobo dalam membangun aplikasi dan database sudah cukup baik. Aplikasi dan database sudah dibangun sesuai kebutuhan masing-masing unit kerja, antara lain Aplikasi Perpustakaan, Pengelolaan Publikasi, Layanan SMS Center, biaya perkara, dan sistem informasi manajemen (i-monev, i-program).

 

Perlu adanya koordinasi antara unit kerja dilingkup Pengadilan Agama Wonosobo dalam pengembangan aplikasi dan database, sehingga kedepan secara bertahap dapat terbangun standardisasi format/flatform dalam pengembangan aplikasi dan database, serta mudah dalam integrasi.

 

3.5.   Pemeliharaan Sistem dan merubah tampilan

Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.

Pemeliharaan situs website dilakukan secara rutin dan secara periodik (setiap hari atau tergantung kebutuhan). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi, program utama. Untuk mengurangi kejenuhan juga dilakukan penggantian header dengan disain yang baru. Pemilihan jenis dan ukuran huruf untuk penyajian teks (konsistensi). Pemilihan warna desain situs web tidak hanya terlihat pada gambar atau objeck saja, tetapi meliputi semua tampilan. Pemberian fasilitas untuk pengunjung merupakan salah satu indikator keberhasilan pembangunan situs web.

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH