You are here:
E-mail Cetak PDF

MAKLUMAT MAHKAMAH AGUNG

 

Hari Senin tanggal 06 Nopember 2017 udara kota Wonosobo nampak cerah, secerah pagawai Pengadilan Agama Wonosobo yang pagi itu melaksanakan apel pagi sebagai tugas rutin tiap Senin pagi.

Apel kali ini dipimpin oleh Komandan apel Komar SH, setelah memberikan penghormatan kepada Pembina apel selanjutnya komandan yang merupakan juru sita di Pengadilan Agama Wonosobo tersebut melaporkan kesiapan barisan untuk mengikuti apel pagi.


Ketua Pengadilan Agama Wonosobo, Drs. Muh. Zainudin SH. MH dalam kesempatan ini bertindak selaku Pembina apel

Dalam amanatnya tersebut Ketua Pengadilan Agama Wonosobo menyampaikan beberapa hal yang harus di perhatikan oleh semua pegawai di lingkungan Mahkamah Agung RI. Beliau mengutip hasil pembinaan yang dilakukan oleh Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung DR. H. Amran Suadi SH. MH pada tanggal 31 Oktober 2017 yang berkaitan dengan Maklumat Ketua Mahkamah Agung RI, sebagai pegawai Pengadilan Agama agar betul-betul memperhatikan Perma no. 7 tahun 2016 yang berkaitan dengan Penegakan Disiplin Kerja Hakim pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada di bawahnya. Dan juga Perma no. 8 tahun 2016 berhubungan dengan Pengawasan dan Pembinaan atasan langsung serta Perma no. 9 tentang Pengaduan. Setelah adanya maklumat ini maka tidak diperkenankan lagi seseorang yang akan keluar kantor dalam jam dinas hanya dengan ijin lisan melainkan harus dilakukan secara tertulis yang disertai dengan alas an konkritnya.

            Kepada para Hakim Pembina apel juga menghimbau agar membuka kembali aturan mengenai kode  etik hakim karena hal tersebut merupakan jalan yang harus dilalui sebagai orang hakim, baik saat dia sebagai seorang hakim maupun sebagai warga masyarakat.

Untuk jajaran kepaniteraan diharapkan agar bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing, khususnya termasuk Panitera Muda agar dapat melakukan tugasnya mempedomani Perma no. 7 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kepaniteraan dan Kesekretariatan Peradilan, sehingga tidak terjadi tumpang tindih dalam melaksanakan tugasnya.

Lebih lanjut mantan Wakil Ketua Pengadilan Agama Blitar ini mengharapkan mengingat saat ini adalah  bulan Nopember maka masing-masing majelis agar lebih mempercepat tingkat penyelesaian perkara agar sisa perkara akhir tahun tidak terlalu banyak.

Setelah amanat dari Pembina apel selesai acara dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Sekretaris PA Wonosobo , Makhsun SH. (lap.ariefhumas pa wsb).

 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH