You are here:
E-mail Cetak PDF

UPACARA PERINGATAN HARI SUMPAH PEMUDA

 PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

 

Hari Jum'at tanggal 27 Oktober 2017 Pengadilan Agama Wonosobo kelas IA melakukan upacara dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke 89 tahun 2017.

Bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Wonosobo upacara tersebut dilaksanakan dengan Komandan Upacara Komar SH, setelah memberikan penghormatan kepada Inspektur Upacara selanjutnya melaporkan kesiapan barisan untuk mengikuti Upacara dalam rangka memperingati hari sumpah Pemuda.

Seperti upacara-upacara hari besar lainnya peserta upacara mengikuti upacara ini dengan penuh hikmat. Para Hakim dan Pejabat Kepaniteraan dan kesekretariatan menggunakan pakaian PSL sedang karyawan dan karyawati lainnya menggunakan pakaian seragam harian;

Nanang Haryadi saat ditanya Redaktur menjelang apacara peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengatakan dengan peringatan Sumpah Pemuda diharapkan mampu memperkokoh semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan bagi karyawan Pengadilan Agama Wonosobo semangat tersebut dapat diwujudkan dengan meningkatkan etos kerja dilingkungan kantor kita masing-masing;

Hal senada disampaikan juga oleh Elviin Sutopo SH beliau mengatakan dengan peringatan sumpah Pemuda tahun ini kita aktualisasikan nilai-nilai semangat perjuangan dan patriotisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pendapat yang sama juga diungkapkan oleh Rizkia Kurniawati S.Hum yang dalam kesempatan upacara ini diberi mandat untuk mengibarkan bendera Merah Putih dengan dua rekan lainnya. Baginya Peringatan Hari Sumpah Pemuda merupakan momen yang sangat penting untuk kita bangkit melawan hal-hal yang dapat merongrong eksistensi bangsa;

Dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ini bertindak selaku Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. Muh. Zainuddin SH. Upacara diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin  oleh Inspektur Upacara dan dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila.

Berikutnya adalah pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang dibacakan oleh Furqonika Alvin S. Kom. Dan pembacaan naskah Keputusan Konggres Pemuda Indonesia oleh Ika Nursarie Amd.

Kemudian disampaikan amanat oleh Inspektur Upacara, yang pada pokoknya berpesan agar kita bersyukur atas sumbangsih para Pemuda Indonesia yang sudah melahirkan Sumpah Pemuda. Sudah seharusnya kita meneladani langkah-langkah dan keberanian mereka hingga mampu menorehkan sejarah emas untuk bangsanya;

Setelah amanat tersebut, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Hakim Pengadilan Agama Wonosobo Drs.H. Arif Mustaqim MH.

Dalam wawancaranya dengan Redaktur setelah selesai upacara Eva Maulida SHI mengatakan dengan upacara Hari Sumpah Pemuda diharapkan kita walaupun sudah berusia tua tapi tetap bisa menjiwai semangat para Pemuda dalam menegakkan kebenaran, dan khususnya bagi karyawan Pengadilan Agama agar dapat mampu mengimplementasikan dalam kantor kita agar dapat lebih baik dan lebih meningkat kesejahteraannya. (lap.ariefhumas pa wsb). 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH