You are here:
E-mail Cetak PDF

UPACARA “PIRAK CAKRA” SUATU TRADISI

DI PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

 

Jum’at tanggal 13 Oktober 2017 bertempat di gedung serba guna Pengadilan Agama Wonosobo dilangsungkan acara Sambut Pamit Ketua Pengadilan Agama Wonosobo, Upacara Pirak Cakra Purna Tugas Hakim serta Pengantar Alih tugas Panitera Pengganti.

Ketiga acara tersebut dikemas dalam satu bingkai acara yang unik, khidmat, syahdu dan penuh kreatifitas. Unik karena seluruh aktor dan personil  yang terlibat dalam acara tersebut menggunakan pakaian adat dimana hal tersebut menggambarkan walaupun kita berbeda akan tetapi tetap dalam satu wadah yakni Pengadilan Agama Wonosobo.      Khidmat  karena seluruh acara dalam rangkaian acara tersebut sangat berarti dan membuat orang penasaran sehingga menurut pengamatan Redaktur tidak satupun orang yang beranjak dari tempat duduk sebelum acara selesai.

Syahdu karena acara tersebut benar-benar membawa kenangan yang mendalam khususnya bagi mereka yang sedang kita acarakan baik sambut pamit, pirak cakra maupun pengantar alih tugas.

Kreatifitas karena sejak awal acara sampai akhir acara ditampilkan dalam kemasan adegan dan soundtrack sebagaimana layaknya sebuah adegan Drama atau Film

. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua Tim Kreatif  Drs. Khotibul Umam yang saat di wawancari masih menggunakan beskap atau pakaian adat jawa yang biasa dipakai di Keraton.

Walau demikian acara ini tetap tidak menghilangkan sisi seremonialnya, dimana untuk mengantarkan acara ini tetap diagendakan acara berupa Pembukaan, Pembacaan Ayata-ayat suci Al Qur’an serta doa. Eva Maulida SHI dan Furqonika Alvin S.Kom selaku pembawa acara yang saat itu menggunakan pakaian adat Minang mengantarkan acara ini dengan menyapa kepada para hadirin yang telah menunggu acara ini dengan penuh penasaran, dengan gaya komunikasinya yang khas sehingga keduanya mampu membuat para tamu undangan yang terdiri Ketua Pengadilan Agama, Panitera Sekretaris se Koordinatorat Kedu, Ketua Pengadilan Negeri Wonosobo, Para Hakim dan Dharmma Yukti Karini Cabang Wonosobo serta para tamu undangan lainnya dapat menyaksikan acara ini sampai selesai;

Acara sambut pamit - satu istilah baru – adalah satu prosesi penyambutan pimpinan baru Pengadilan Agama Wonosobo yang akan memulai tugasnya. Dalam kesempatan ini Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. Engkos Hasyim Koswara SH. Dengan menggunakan  beskap menyambut Ketua yang baru Drs. Muh. Zainudin SH. MH. yang saat kedatangannya di acara prosesi tersebut diiringi oleh 8 (delapan) personil pagar ayu yang membawa dua bendera yakni bendera merah putih dan bendera Mahkamah Agung. Pagar ayu terdiri dari anak-anak SMK Muhammadiyah yang sedang PPL di Pengadilan Agama Wonosobo.

Dengan langkah pasti Ketua Pengadilan Agama yang baru dengan didampingi juga oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo yang lama Drs. H. Tahrir berjalan menghadap Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo selaku penyambut Ketua Pengadilan Agama yang baru. Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo selanjutnya mengalungkan bunga sebagai pertanda terjalinnya hubungan yang harmonis antara Karyawan dan Karyawati Pengadilan Agama Wonosobo dengan pimpinan yang baru, hal ini  merupakan tradisi turun temurun yang perlu untuk dipertahankan;

Seiring dengan hal tersebut selanjutnya Ketua Pengadilan Agama Wonosobo yang baru mengalungkan bunga kepada Ketua Pengadilan Agama Wonosobo yang lama Drs. H. Tahrir sebagai pertanda ucapan selamat jalan menempuh tugas yang baru sebagai Ketua Pengadilan Agama Purwokerto. Dilanjutkan dengan kata-kata pamit oleh Drs. H. Tahrir yang saat itu didampingi oleh isteri Hj. Robikah Tahrir.

Selanjutnya disampaikan kata-kata sambutan dan perkenalan oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo yang baru Drs. Muh. Zainudin SH. MH. Yang didampingi oleh isteri Drs. Wiwik Trisnawati Zainudin, Pria asal NTB yang sebelumnya bertugas di Pengadilan Agama Blitar ini mengajak kepada karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Wonosobo untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja melayani para pencari keadilan khususnya di wilayah Pengadilan Agama Wonosobo. Dengan kerjasama ini maka tugas-tugas seberat apapun akan mampu diselesaikan dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan upacara “pirak cakra” yang merupakan puncak acara yang ditunggu-tunggu oleh para tamu undangan. Drs. Khotibul Umam selaku Ketua Tim Kreatif yang punya hoby Off Road ini mengatakan “Pirak Cakra” merupakan suatu prosesi upacara yang sakral dan khidmat untuk memberikan pernghormatan terakhir kepada pejabat hakim yang akan memasuki masa purna tugas, upacara ini telah turun temurun dilakukan dan menjadi tradisi bagaimana cara keluarga besar Pengadilan Agama Wonosobo menghantarkan pejabat hakim untuk terakhir kalinya dalam melaksanakan tugas.

Acara dimulai dengan masuknya ke tempat upacara Ketua Pengadilan Agama Wonosobo yang diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama dan seluruh Hakim, mereka diapit oleh 2 orang pembawa bendera. Setelah rombongan telah sampai di tempat prosesi, acara pokok dari “pirak cakra” dimulai dengan dipersilahkahnnya masuk ke ruang prosesi Drs. H. Ahmadi Mh. Yang akan memasuki masa purna bakti. Acara sangat hening saat 2 bendera disibakkan sebagai pertanda akan dilakukan pelepasan atribut hakim dan toga hakim yang sebelumnya dibacakan kata-kata purna tugas oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo. Tibalah saatnya pelepasan atribut dan toga hakim oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo yang diiringi dengan music instrumental, saat acara inilah tidak sedikit para tamu yang hadir saat itu yang meneteskan air mata sebagai pertanda perasaan haru dan simpatik.

Selanjutnya setelah acara pelepasan atribut dan toga dilakukan,  Ketua Pengadilan Agama Wonosobo ,mengalungkan bunga kepada Drs. H. Ahmadi Mh. sebagai symbol eratnya persaudaraan diantara kita, dengan harapan semoga ukhuwah ini semakin erat dan penuh keharuman dan keindahan.

Acara dilanjutkan dengan kata-kata pamitan pejabat yang purna tugas dan alih tugas yang diwakili oleh Drs. H. Ahmadi Mh. Dan pemberian cindera mata yang diberikan secara simbolis oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo.

Sebagai penutup dilakukan ramah tamah dan pemberian ucapan selamat yang diawali oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo dan diikuti oleh oleh seluruh tamu undangan. Selanjutnya Pejabat yang purna tugas dan alih tugas dipersilahkan untuk meninggalkan tempat prosesi dengan diiringi oleh group rebana “al-hikmah” pimpinan Komar SH sampai halaman Pengadilan Agama Wonosobo.


Redaktur sempat wawancara dengan salah satu tamu undangan mengenai kesan acara yang baru dilaksanakan mengatakan acaranya sungguh luar biasa, membuat hati penasaran bahkan sempat meneteskan air mata saat pelepasan toga Hakim dan baru pernah melihat selama menjadi pegawai pengadilan Agama bahkan beliau berharap agar semua Pengadilan Agama bisa meniru acara yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo, (lap.ariefhumaspawsb).

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH