You are here:
E-mail Cetak PDF

UPACARA PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA

DI PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

 

Hari Senin tanggal 2 Oktober 2017 Pengadilan Agama Wonosobo kelas IA melakukan upacara untuk memperingati hari Kesaktian Pancasila..

Bertempat di halaman Kantor Pengadilan Agama Wonosobo upacara tersebut dilaksanakan tepat pukul 7.30 WIB. Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara Komar SH, setelah memberikan penghormatan kepada Inspektur Upacara selanjutnya komandan yang merupakan juru sita dan kasir di Pengadilan Agama Wonosobo tersebut melaporkan kesiapan barisan untuk mengikuti Upacara dalam rangka memperingati hari Kesaktian Pancasila.

Seperti upacara-upacara hari besar lainnya peserta upacara mengikuti upacara ini dengan penuh hikmat. Para Hakim dan Pejabat Kepaniteraan menggunakan pakaian PSL sedang karyawan dan karyawati lainnya menggunakan pakaian KORPRI.

Sumiandri SHI saat ditanya tentang bagaimana perasaan mengikuti upacara kali ini kepada Redaktur beliau menjawab, upacara kali ini memang cukup menyentuh perasaan karena sebelum upacara kita menonton film “PENGKHIANATAN G.30.S PKI” yang dilaksanakan secara bersama-sama yang diistilahkan dengan NOBAR (Nonton Bareng), sehingga kita merasakan bagaimana beratnya mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara.

Bertindak selaku Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. Muh. Zainuddin SH. Upacara diawali dengan mengheningkan cipta yang dipimpin  oleh Inspektur Upacara dan dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila.

Berikutnya adalah pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yang dibacakan oleh Furqonika Alvin S. Kom. Dan pembacaan naskah ikrar tentang kondisi Bangsa oleh petugas.

Kemudian disampaikan amanat oleh Inspektur Upacara, yang pada pokoknya berpesan agar kita bisa bersama-sama menjaga Pancasila yang merupakan falsafah dan ideologi bagi bangsa Indonesia.

Setelah amanat tersebut, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Hakim Pengadilan Agama Wonosobo Drs.H. Syarifudin MH.

Dalam wawancaranya dengan Redaktur setelah selesai Upacara Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. Engkos Hasyim Koswara SH. mengatakan kita harus melihat sejarah mengapa kita diperintahkan untuk memperingati hari kesaktian Pancasila, tentu kita harus melihat betapa Pancasila pernah dirongrong oleh PKI pada tanggal 30 September 1965 dengan G.30.S/PKI – nya yang banyak memakan korban baik dari kalangan rakyat maupun tentara, dengan peringatan ini kita berupaya untuk mempertahankan pancasila ni dengan sekuat tenaga kita. Lebih lanjut beliau mengharapkan agar kita sebagai warga peradilan berusaha untuk mengamalkan sila-sila yang terdapat dalam Pancasila khususnya dalam menegakkan keadilan. (lap.ariefhumas pa wsb).

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH