You are here:
E-mail Cetak PDF

EVALUASI PELATIHAN KOMISI YUDISIAL 

DI PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

 

Sebagai tindak lanjut dari pelatihan Pemaknaan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) bagi Hakim Komisi Yudisial melakukan evaluasi terhadap para hakim peserta pelatihan, pimpinan dan rekan sejawat dari hakim yang menjadi perserta pelatihan;

Dalam pelatihan tersebut Pengadilan Agama Wonosobo telah mengirimkan satu orang Hakim yakni Drs. Rofi’i MH. untuk mengikuti pelatihan Pemaknaan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) yang berlangsung di Yogyakarta selama 6 hari.

Berkaitan dengan hal tersebut pada hari Jum’at 9 Juni 2017 Tim dari Komisi Yudisial berkunjung ke Pengadilan Agama Wonosobo untuk melakukan evaluasi. Dalam kunjungan tersebut tim yang dipimpin oleh Adli Ardianto SH diterima secara langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. Tahrir dengan didampingi oleh Drs.Ropi’i dan beberapa orang Hakim Pengadilan Agama Wonosobo;

Tim Monitoring terdiri dari 2 bagian yakni dari Komisi Yudisial dan fasilitator dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Dalam hal ini perwakilan Komisi Yudisial yang hadir adalah dari Bagian peningkatan kapasitas kwalitas hakim.

Dalam wawancaranya dengan Redaktur, Ketua Tim mengatakan evaluasi meliputi 3 hal yaitu: yaitu:

  1. Evaluasi pelaksanaan pelatihan
  2. Proses pembelajaran dan
  3. Outcomes pelatihan.

 Untuk evaluasi pertama dan kedua dilakukan di akhir cpelatihan pada saat pelatihan berlangsung sedang evaluasi yang ketiga dilakukan beberapa bulan setelah pelatihan berlangsung;

Lebih lanjut ketua Tim yang lahir di Sumatra ini mengatakan selama tahun 2016 Komisi Yudisial telah melaksanakan 6 kali pelatihan dua kali pelatihan di tahun 2016 dan empat pelatihan di tahun 2017, dan pelatihan-pelatihan tersebut perlu dilakukan evaluasi, untuk mengukur dampak dari keberhasilan pelatihan yang telah dilakukan oleh Komisi Yudisial, apakah pelatihan yang telah dilakukan itu sudah efektif.

Disamping itu juga dengan evaluasi yang dilakukan langsung di Pengadilan dimana   ada salah seorang hakim yang mengikuti pelatihan juga bertujuan untuk mengingat kembali materi-materi pelatihan sekaligus penerapannya dilingkungan Pengadilan tersebut., sekaligus untuk meindentifikasi adalanya kebutuhan untuk memperbaiki pendekatan , metode dan teknik evaluasi.

Dalam waktu yang sama disamping meng-evaluasi Drs. Ropi’i MH, juga dilakukan wawancara dengan Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs.H. Tahrir dan rekan sejawat yang dalam hal ini diwakili oleh Drs. H. Arif Mustaqim MH. Untuk mengetahui sejauh mana sikap dan perilaku Hakim baru saja melakukan pelatihan Pemaknaan Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) yang berada di Pengadilan Agama Wonosobo.

Tepat pukul 9.30 acara evaluasi selesai dan selanjutnya Tim Evaluasi dari Komisi Yudsial melakukan ramah tamah dengan pimpinan hakim dan pegawai Pengadilan Agama Wonosobo.

(lap.ariefm.humaspawsb). 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH