You are here:
E-mail Cetak PDF

KUNJUNGAN KETUA MAHKAMAH AGUNG DI PA.WONOSOBO

Hari jum’at tanggal 09 September 2016 Ketua Mahkamah Agung RI Prof.Dr.Hatta Ali SH.MH. melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Wonosobo kelas IA. Rombongan hadir pada pukul 15.30 WIB langsung disambut oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo.Drs. H.Tahrir.

Dalam kunjungan tersebut ikut serta dalam rombongan Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yustisial Dr. Sarifuddin SH. serta Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Non Yustisial Suwardi SH. MH. Hadir juga Dirjren Badilag Drs. H. Abdul Manaf. MH. Dirjen Badilum, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah, Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah serta Wakil Ketua PTA Jawa Tengah serta Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara Drs. H. Malik Ibrahim SH.MH.

Pada kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Agung berkesempatan melihat secara langsung kondisi perkantoran Pengadilan Agama Wonosobo yang secara umum cukup representative, termasuk ruang tunggu yang sangat bagus dan luas dengan dihiasi kolam ikan di bagian belakangnya,namun demikian beliau mengatakan ruang sidang yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo terlalu sempit dan perlu dilakukan perluasan, mengingat ke depan ruang sidang untuk tempat duduk para pihak perlu dilengkapi dengan meja yang dipergunakan untuk mencatat hal yang penting selama persidangan.

Disamping itu beliau juga menyaksikan secara langsung bagaimana system pelayanan publik yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo. Baik sistem antrian sidang maupun pelayanan di bidang administrasi perkara. Drs. Khotibul Umam selaku koordinator IT menjelaskan secara panjang lebar sistem pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo yang basisnya telah menggunakan SIPP. (Sistem Informasi Penelusuran Perkara).

Berkaitan dengan kinerja yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo, Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yustisial secara langsung memeriksa Register Keuangan Perkara. Dalam kesempatan tersebut beliau mengecek register tersebut lembar perlembar, tanda tangan pemeriksaan keuangan yang ditanda tangani Ketua Pengadilan Agama dan juga sidak oleh Ketua yang dilakukan sewaktu-waktu.

Setelah Register keuangan perkara diperiksa, selanjutnya Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yustisial tersebut meminta salah satu perkara yang baru diputus yang diikuti dengan jurnal keuangan perkara selanjutnya dicocokkan dengan register keuangan perkara dan ternyata antara berkas perkara, jurnal keuangan perkara dan buku induk keuangan perkara telah sesuai dan cocok dengan keuangan yang ada.

Dalam kesempatan tersebut Petugas Register Pengadilan Agama Wonosobo Furqonika S.Kom, mendapatkan pujian dari Wakil Ketua Mahkamah Agung tentang kerapian dan kelengkapan data dalam register tersebut. Saat ditanya apakah keadaan keuangan yang ada pada register ada wujudnya. Furqonika menjawab ada, sambil menunjukan bukti keadaan keuangan tersebut. Dirjen Badilag Drs.H.Abdul Manaf yang ikut mendampingi Wakil Ketua Mahkamah Agung menyerahkan sepenuhnya penilaian kinerja Pengadilan Agama Wonosobo kepada Waka. MA tersebut.

Dalam wawancaranya dengan Humas Pengadilan Agama Wonosobo,           Dr.H. Syarifudin SH. Mengatakan bahwa arti pentinya register adalah sebagai kendali mengenai penggunaan keuangan di suatu pengadilan. Kejujuran penggunaan keuangan akan dapat dilihat dari Register keuangan yang ada, oleh karena itu kerapian penulisan, kelengkapan data yang ada akan memudahkan untuk memberikan penilaian terhadap Penggunaan keuangan, sekaligus memudahkan dalam penilaian kepada kinerja pimpinan Pengadilan tersebut,

Setelah memeriksa register keuangan yang dicocokkan dengan buku jurnal keuangan perkara serta berkas yang ada Waka MA merasa cukup puas terhadap kinerja yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo.

Disamping Wakil Ketua Mahkamah Agung bidang Yustisial, Wakil Ketua MA bidang Non Yustisial Suwardi SH memerksa lebih rinci pelayanan publik atau meja informasi yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo. Sebagaimana diketahui Pengadilan Agama Wonosobo saat ini telah menggunakan SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara) didalam melakukan pelayanan kepada masyarakat khususnya didalam administrasi perkara. Saat menjelaskan sistem pelayanan publik di Pengadilan Agama Wonosobo Drs.Khotibul Umam mengatakan pendaftaran sidang seseorang serta hasilnya di Pengadilan Agama Wonosobo telah terintegrasi keseluruh jaringan, baik Berita acara persidangan, Register, amar putusan, BHT maupun kapan perkara tersebut harus dibuatkan Akta Cerai-kalau perkara tersebut perceraian. Satu bagian tidak dikerjakan maka bagian yang lain akan terkendala dan akan menghentikan sistem yang ada, oleh karena itu sistem kerja yang ada di Pengadilan Agama adalah personal action. Bahkan sistem ini juga dapat dijadikan sebagai penilaian kinerja pegawai oleh atasan langsungnya.

Terhadap sistem tersebut Waka MA bidang non Yustisial  mengatakan bahwa sistem pelayanan yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo seperti pelayanan yang ada di perbankan.Waka MA dalam kesempatan tersebut nampak merasa puas terhadap pelayanan publik sekaligus meja informasi yang ada di Pengadilan Agama Wonosobo. Ruang tunggu yang luas dan kursi tunggu yang cukup bagus serta berada di ruang terbuka membuat Ketua Mahkamah Agung RI cukup menikmati agak lama di ruangan tersebut.

Menanggapi kinerja Pengadilan Agama Wonosobo Dirjen Badilag mengucapkan terima kasih atas kinerja yang selama ini telah dilakukan, Kerja keras yang selama ini dilakukan telah dapat membuahkan hasil serta tanggapan  yang positip dari Mahkamah Agung, beliau mengatakan apa yang selama ini telah dilakukan oleh Pegawai Pengadilan Agama Wonosobo yang merupakan kerja Tim tidak akan sia-sia dan akan dapat penilaian juga dihadapan Allah swt.

Demikian juga Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs.H. Tahrir.sangat berterima kasih kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Wonosoboag atas kerjasama yang selama ini dilakukan, beliau mengatakan keberhasilan ini bukan keberhasilan perseorangan, melainkan keberhasilan Tim Pengadilan Agama Wonosobo. Mudah-mudahan kinerja seperti ini tetap terjaga secara istiqomah untuk masa-masa yang akan datang.

Tepat pukul 16.35 WIB.,Ketua Mahkamah Agung RI beserta rombongan meninggalkan Pengadilan Agama Wonosobo yang didahului dengan Foto bersama antara Ketua Mahkamah Agung dengan seluruh pegawai Pengadilan Agama Wonosobo.  (lap.ariefhumas pa.wsb).  

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH