You are here:
E-mail Cetak PDF

BERHENTI, BERARTI TERLINDAS 

Jum’at tanggal 13 Mei 2016 Pengadilan Agama Wonosobo melaksanakan acara Pelepasan Hakim yang mutasi dan memasuki masa purna tugas.Hakim yang mengalami mutasi adalah Drs.Syamsurijal FS MSi yang mutasi ke Pengadilan Agama Kabupaten Kediri, Drs. H.M. Amir Arifin MH ke Pengadilan Agama Yogyakarta dan Drs. Nuryadi Siswanto MH.mutasi ke Pengadilan Agama Sumedang, sedang Hakim yang memasuki masa purna tugas adalah Drs. Muh. Saifudin Zawawi SH.

Acara pelepasan dilangsungkan di ruang tunggu yang baru Pengadilan Agama  Wonosobo yang cukup luas dan representative.

Ketua Panitia pelaksana Drs. Khotibul Umam mengatakan acara ini sengaja di kemas dengan cukup variatif agar dapat memberikan kesan yang mendalam bagi Hakim yang dilepas,setiap selesai salah satu acara diselipkan dengan musik yang senada dengan acara tersebut, sehingga acara terasa hidup dan tidak membosankan.

Acara dimulai dengan pembukaan  dilanjutkan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan pembacaan doa yang disampaikan oleh Drs. H. Arif Mustaqim MH.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan toga dan lencana Hakim, dengan diiringi musik Kebogiro, Bagian Kepegawaian Pengadilan Agama Wonosobo membacakan SK Purna tugas dilanjutkan dengan Kaledoskop Drs. Muh. Saefudin Zawawi, S.H. Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. Tahrir yang diikuti oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo dan para Hakim keluar menuju tempat yang telah disediakan untuk itu dan selanjutnya Drs. Muh. Saefudin Zawawi, S.H. yang saat itu akan dilakukan prosesi pelepasan toga dan lencana Hakim menempatkan diri persis di hadapan Ketua Pengadilan Agama Wonosobo. Kasubag Kepegawaian dan Ortala Pengadilan Agama Wonosobo  Aminah, S.Ag. membacakan SK Purna tugas dilanjutkan dengan Kaledoskop Drs. Muh. Saefudin Zawawi, S.H. yang dibacakan oleh Anwar Faozi S.H. Kemudian dilakukan prosesi pelepasan toga dan lencana Hakim oleh Ketua Pengadilan Agama  Wonosobo. Dari pengamatan Redaktur saat acara pelepasan berlangsung suasana haru meliputi semua para karyawan dan karyawati yang hadir saat itu, bahkan menurut pengamatan redaktur tidak sedikit hadirin yang meneteskan air mata.

Setelah toga dan lencana Hakim dilepas, Ketua Pengadilan Agama Wonosobo mengalungkan bunga sebagai isyarat bahwa beliau tetap harum walaupun telah selesai masa tugasnya sebagai Hakim di Penadilan Agama Wonosobo. Di mata karyawan Pengadilan Agama Wonosobo Drs. Muh. Saefudin Zawawi, S.H. adalah sosok yang amat sabar dan ulet di dalam pekerjaannya sehingga patut kiranya untuk diteladani.

Acara dilanjutkan dengan kesan dan pesan dari karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Wonosobo yang diwakili oleh Drs. Rofi’i MH. Yang pada intinya mengatakan semua hakim yang dilepas pada hari ini merupakan hakim yang bagus dan rajin yang patut untuk diteladani sampai saking bagusnya sulit untuk diucapkan dengan kata-kata.

Bagi Hakim yang dilepas kesan dan pesan diwakili oleh  Drs. Muh.Saefudin Zawawi SH dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang selama ini terjalin, mohon maaf atas segala khilaf dan dosa yang diperbuat selama bertugas di Pengadilan Agama Wonosobo, beliau juga mengajak agar tetap semangat di dalam bekerja sehingga keberkahan akan selalu diberikan kepada kita semua;

Setelah acara kesan dan pesan usai dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembinaan yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo, Drs. H. Tahrir. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa purna tugas bukan berarti bebas dari semua tugas pengabdian sebab keadaan dunia ini selalu berputar dan bergerak yang senantiasa memerlukan perjuangan untuk mengikuti perputaran ini. Dengan mengutip sebagian sajak Kholil Gibran tentang pesannya kepada para pemuda bahwa di dunia ini tidak ada kamus berhenti dalam berkarya dan berjuang, sebab “siapapun yang berhenti, maka akan terlindas oleh roda perputaran zaman”. Untuk itu pesan Ketua lanjutnya terutama kepada Drs. Drs. Muh. Saefudin Zawawi, S.H., lanjutkan pengabdian saudara dalam bidang yang lain di tengah-tengah masyarakat, lanjutkan keseharian anda dengan merancang dan melakukan mahakarya yang akan dapat menjadi amal sholeh dan warisan. Bagi hakim yang pindah ke Pengadilan Agama yang lain beliau mengajak agar berbuat yang terbaik di tempat yang baru sebagiamana kebaikan yang telah dilakukan di Pengadilan Agama Wonosobo, sesuatu yang didapat di Pengadilan Agama Wonosobo kalau itu kebaikan silahkan untuk dilanjutkan dan apabila itu suatu kejelekan cukup ditinggal saja di Pengadilan Agama Wonosobo, biar kami lakukan perbaikan.

Acara diramaikan dengan hiburan organ tunggal dengan player Drs. Khotibul Umam yang merangkap sebagai Ketua panitia penyelenggara. Bapak Ketua dan Wakil Pengadilan Agama Wonosobo juga berkesempatan menyanyikan lagu kemesraan yang diikuti oleh seluruh hadirin yang datang saat acara tersebut.

            Acara pelepasan diakhiri dengan pemberian bingkisan serta ramah tamah, dan dilakukan pelepasan secara lansung yang diiringi dengan sholawat dan rebana yang dipimpin oleh Komar SH. sampai para hakim yang dilepas memasuki mobil masing-masing.

Drs. Muh. Saefudin Zawawi SH dalam komentarnya mengatakan tidak menyangka akan diberikan penghormatan sebegitu meriahnya, dan hal inilah yang rasanya sulit untuk dilupakan.  Selamat saudara-saudaraku semoga kesuksesan selalu menyertai anda semua (lap.ariefhumas pawsb);

 

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH