You are here:
E-mail Cetak PDF

HAKIM PA. WONOSOBO MELAKUKAN “MUKHASABAH”

             Tepat pukul 13.00 hari Jum’at, 2 Mei 2014 para Hakim Pengadilan Agama Wonosobo berkumpul di Ruang Sidang Utama lantai 2 Pengadilan Agama Wonosobo dengan agenda bedah berkas bertemakan khasibuu qobla an tukhaasabuu !

             Bedah berkas ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo (Bpk. Drs.H. MALIK IBRAHIM,SH, MH) sekaligus sebagai key not speacker, dilanjutkan dengan acara “sima’an” berkas yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo (Bpk. Drs.H. ENGKOS HASYIM KOSWARA, SH, MH.) selaku Kordinator Pengawasan dan sekaligus sebagai Narasumber dalam acara ini.

           Dalam kata sambutannya Bpk. Ketua Pengadilan Agama Wonosobo mengatakan acara ini diadakan dalam rangka peningkatan mutu Menegemen (yakni Planning, Organizing, Actuiting and Controling). Faktor Controling ini kedudukannya sangat penting sebagai finishing touch terhadap pelaksanaan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita semua, apakah pekerjaan kita sudah benar sesuai aturan ataukah ada yang masih harus diperbaiki kwalitasnya.

           Juga dimaksudkan agar jika sewaktu waktu team pengawasan dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang atau team Mahkamah Agung RI turun mengadakan pengawasan dan melihat putusan putusan kita, kita tidak gugup dibuatnya.

           Agar lebih fair dan apa adanya bedah berkas kali ini dilakukan dengan cara mengambil berkas putusan tahun 2014 (dan telah diminuteur) secara acak di ruang arsip perkara Kantor Pengadilan Agama Wonosobo, dan kebetulan yang “terambil” adalah Putusan Majlis C. 6 yang diketuai oleh Sdr. Drs. H. NANGIM, MH.

           Dari 8 orang hakim yang hadir dibagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok A dan kelompok B, dengan tugas mencari temuan temuan untuk kemudian didiskusikan bersama dan selanjutnya dijadikan bahan penyempurnaan putusan, dan hasilnya...........? ya biasalah mencari kekurangan orang memang lebih mudah ketimbang melihat kelebihan kelebihannya he he he.......!

           Dari kedua team ini telah melaporkan hasil hasil temuannya masing masing, yang dibacakan oleh ketua kelompok A dan B dan setelah didiskusikan bersama, kemudian dijadikan rekomendasi sebagai bahan perbaikan selanjutnya.

           Untuk menghilangkan rasa kantuk acara ini dilaksanakan dengan santai, kadang diselingi gelak tawa, sering secara spontan muncul joke joke segar, bahkan kadang saling ejek dengan sesama teman, hingga tidak terasa waktu telah habis, pukul 15.45 WIB. Waktu di mana para hakim harus bersiap siap mudik / pulang kampung, lalu acara ini resmi ditutup oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo (Bpk. Drs.H. ENGKOS HASYIM KOSWARA, SH,MH

team redaktur !

FORM_HEADER


FORM_CAPTCHA
FORM_CAPTCHA_REFRESH