You are here:
E-mail Cetak PDF

PENYERAHAN SK KENAIKAN PANGKAT PEJABAT

PENGADILAN AGAMA WONOSOBO KELAS I A

Mengawali tugas para pegawai Pengadilan Agama Wonosobo Kelas I A, pada bulan Juni 2014 diadakan apel pagi yang diikuti oleh seluruh pegawai yang terdiri-dari Ketua, Wakil Ketua, Para Hakim, Para Pejabat Stuktural, Pejabat Fungsional dan staf serta para pegawai honor. Apel pagi di Pengadilan Agama Wonosobo kelas I A diselenggarakan setiap hari Senin.

Pada apel pagi tanggal 2 Juni 2014 Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Kelas I A Bapak Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H bertindak sebagai Pembina Apel. Dalam amanatnya, memberi apresiasi yang tinggi kepada para pegawai yang tetap disiplin masuk dan pulang kantor sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yaitu masuk kantor paling lambat jam 07.30 WIB dan pulang paling cepat jam 16.00 WIB., terutama pada minggu terakhir bulan Mei yang lalu karena pada minggu terakhir tersebut ada dua hari libur, yaitu pada hari Selasa tanggal 27 Mei 2014 ditetapkan sebagai Hari Libur Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW., dan pada hari Rabu tanggal 29 Mei 2014 Libur Kenaikan Isa Al-Masih, namun pada tanggal 26, 28 dan 30 Mei 2014 para pegawai tetap masuk dan pulang sesuai ketentuan;


Selain itu, beliau berpesan kepada para pegawai agar tetap menjaga kesehatan seiring dengan masuknya musim kemarau yang ditandai dengan curah hujan yang berkurang dan datangnya musim dingin sebagai ciri khas Daerah Wonosobo.

Pada kesempatan apel pagi itu, Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Kelas I A, Bapak Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M. H menyerahkan SK Kenaikan Pangkat Reguler kepada 3 orang pejabat, yaitu:

  1. Drs. Nuryadi Siswanto, M. H., yang naik pangkat dari Pangkat Pembina, golongan/ruang IV/a, dalam jabatan Hakim Madya Pratama menjadi Pangkat Pembina Tingkat I, golongan/ruang IV/b, jabatan Hakim Madya Muda, terhitung mulai tanggal 1 April 2014;
  2. Bambang Gunawan, yang naik pangkat dari Pangkat Penata Muda, golongan/ruang III/a, dalam jabatan Jurusita Pengganti menjadi Pangkat Penata Muda Tingkat I, golongan/ruang III/b, jabatan Panitera Pengganti, terhitung mulai tanggal 1 April 2014;
  3. Mustanir, yang naik pangkat dari Pangkat Pengatur Muda Tk I, golongan/ruang II/b, dalam jabatan Jurusita Penagganti menjadi Pangkat Pengatur, golongan/ruang II/c, jabatan Jurusita Penagganti, terhitung mulai tanggal 1 April 2014;


Kepada para pejabat yang baru menerima SK Kenaikan Pangkat, Bapak Drs. H. Malik Ibrahim, S.H., M.H mengucapkan selamat dan berpesan agar para pejabat tersebut bersyukur atas reward yang diberikan oleh negara tersebut dengan senantiasa meningkatkan profesionalnya dalam melaksanakan tugas masing-masing.


Apel pagi diakhiri dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Bapak Drs. H. Ibrahim Asfari, S.H khususnya ditujukan kepada Bapak Drs. Azam Muhammad (mantan Hakim Pengadilan Agama Wonosobo) yang sedang sakit semoga segera dikarunia kesembuhan. Amin ya rabbal’alamin.

LAST_UPDATED2
E-mail Cetak PDF

PEMBINAAN KPTA SEMARANG DALAM RANGKA PENINGKATAN MENEGEMEN PERADILAN AGAMA DAN PELAYANAN PUBLIK SE WILAYAH ASKOR V DI PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

Pada hari Rabu, 14 Mei 2014 Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang (DR.H.WILDHAN SUYUTHI, SH, MH)   adakan kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Wonosobo dalam rangka pembinaan, bertajuk Peningkatan Menegemen Peradilan Agama dan Pelayanan Publik yang dihadiri Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Agama, Panitera/Sekretaris, Wakil Sekretaris. serta seorang utusan hakim senior (C.1) dan 2 orang Admin dari Pengadilan Agama se wilayah Askor V,     yakni; Pengadilan Agama Wonosobo, Temanggung, Mungkid, Magelang, serta Ambarawa dan Purworejo.

Pada kesempatan pembinaan kali ini dibahas 3 gagasan penting yakni ;

  1. 1.Mengenai Gugatan On Line        
  2. 2.SMS Gateway              
  3. 3.Antrian Sidang                          

Tiga gagasan ini dalam waktu dekat sudah harus direalisasikan oleh Pengadilan Agama di wilayah ini, karena itu bagian Admin harus segera mempersiapkan bagaimana aplikasi tersebut segera bisa berjalan terutama untuk SMS Gateway dan Antrian Sidang yang dirasa lebih mudah, sedangkan mengenai pendaftaran On Line memang melibatkan kepentingan masyarakat high class.

Pada kesempatan tersebut juga diadakan session tanya jawab dengan Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengenai seputar 3 program /gagasan penting tersebut, implementasinya serta kesulitan kesulitan yang mungkin terjadi dan tak lupa juga berbagai masalah yang ditemukan dalam pelaksanaan tugas sehari hari terutama dalam hal percepatan pelayan publik.

Pada saat yang bersamaan di Pengadilan Agama Wonosobo juga hadir Hatiwasda (Hakim Tinggi Pengawas Daerah) untuk wilayah Askor V. yakni Bpk Drs H. IBRAHIM KARDI, SH, MH. dalam rangka melakukan pengawasan rutin.

Karena (sebenarnya) acara ini merupakan acara tersendiri, maka setelah acara pembinaan dari Bapak KPTA ditutup, kemudian dilanjutkan dengan acara Ekspos terhadap hasil pengawasan yang telah dilakukan selama dua hari berturut turut tersebut.

Dalam Ekspos tersebut Hatiwasda menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya yang dalam kepada teman teman Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Wonosobo, karena dari hasil pengawasan kali ini terlihat kinerja aparat Pengadilan Agama Wonosobo mengalami kemajuan yang sangat signifikan dibanding pada pengawasan periode sebelumnya, dari beberapa berkas yang telah ditelaah tidak ditemukan adanya putusan yang batal demi hukum, umumnya temuan temuan itu bukan suatu temuan yang tidak tahu, seperti salah karena copy paste, titik koma, nomor urut halaman dsb. Namun demikian bukan berarti hal itu tidak penting untuk ditindaklanjuti, nanti harus diperbaiki dan ke depan diharapkan tidak terulang lagi demikian pintanya, oleh karena itu dimohon agar (khususnya) Panitera Pengganti sebelum melakukan pemberkasan membaca terlebih dahulu semua berkas perkara secara teliti, satu demi satu.

Setelah selesai acara ekspos ini (atas permintaan ) Hatiwasda dilanjutkan dengan pertemuan khusus dan tertutup dengan para hakim Pengadilan Agama Wonosobo, untuk membahas issue issue penting dewasa ini yang perlu diketahui dan dicermati secara seksama oleh para hakim.

Semoga !


LAST_UPDATED2
E-mail Cetak PDF

HAKIM PA. WONOSOBO MELAKUKAN “MUKHASABAH”

             Tepat pukul 13.00 hari Jum’at, 2 Mei 2014 para Hakim Pengadilan Agama Wonosobo berkumpul di Ruang Sidang Utama lantai 2 Pengadilan Agama Wonosobo dengan agenda bedah berkas bertemakan khasibuu qobla an tukhaasabuu !

             Bedah berkas ini dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo (Bpk. Drs.H. MALIK IBRAHIM,SH, MH) sekaligus sebagai key not speacker, dilanjutkan dengan acara “sima’an” berkas yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo (Bpk. Drs.H. ENGKOS HASYIM KOSWARA, SH, MH.) selaku Kordinator Pengawasan dan sekaligus sebagai Narasumber dalam acara ini.

           Dalam kata sambutannya Bpk. Ketua Pengadilan Agama Wonosobo mengatakan acara ini diadakan dalam rangka peningkatan mutu Menegemen (yakni Planning, Organizing, Actuiting and Controling). Faktor Controling ini kedudukannya sangat penting sebagai finishing touch terhadap pelaksanaan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kita semua, apakah pekerjaan kita sudah benar sesuai aturan ataukah ada yang masih harus diperbaiki kwalitasnya.

           Juga dimaksudkan agar jika sewaktu waktu team pengawasan dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang atau team Mahkamah Agung RI turun mengadakan pengawasan dan melihat putusan putusan kita, kita tidak gugup dibuatnya.

           Agar lebih fair dan apa adanya bedah berkas kali ini dilakukan dengan cara mengambil berkas putusan tahun 2014 (dan telah diminuteur) secara acak di ruang arsip perkara Kantor Pengadilan Agama Wonosobo, dan kebetulan yang “terambil” adalah Putusan Majlis C. 6 yang diketuai oleh Sdr. Drs. H. NANGIM, MH.

           Dari 8 orang hakim yang hadir dibagi menjadi 2 kelompok yakni kelompok A dan kelompok B, dengan tugas mencari temuan temuan untuk kemudian didiskusikan bersama dan selanjutnya dijadikan bahan penyempurnaan putusan, dan hasilnya...........? ya biasalah mencari kekurangan orang memang lebih mudah ketimbang melihat kelebihan kelebihannya he he he.......!

           Dari kedua team ini telah melaporkan hasil hasil temuannya masing masing, yang dibacakan oleh ketua kelompok A dan B dan setelah didiskusikan bersama, kemudian dijadikan rekomendasi sebagai bahan perbaikan selanjutnya.

           Untuk menghilangkan rasa kantuk acara ini dilaksanakan dengan santai, kadang diselingi gelak tawa, sering secara spontan muncul joke joke segar, bahkan kadang saling ejek dengan sesama teman, hingga tidak terasa waktu telah habis, pukul 15.45 WIB. Waktu di mana para hakim harus bersiap siap mudik / pulang kampung, lalu acara ini resmi ditutup oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo (Bpk. Drs.H. ENGKOS HASYIM KOSWARA, SH,MH

team redaktur !

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL