You are here:

keadaan perkara 2010

E-mail Cetak PDF

Perkara Pengadilan Agama Wonosobo Tahun 2010

       Perkara Pengadilan Agama Wonosobo yang diterima hingga akhir tahun 2010 masih didominasi perkara perceraian.Selama tahun 2010 perkara yang terdaftar di kepaniteraan Pengadilan Agama Wonosobo sebanyak 2307 perkara, meliputi perkara kontensius sebanyak 2220 perkara dan perkara voulentair sebanyak 87 perkara.Dari 2220 perkara kontensius tersebut terdiri dari cerai gugat sebanyak 1351, cerai talak 855, Poligami 11, Isbat Nikah 1 dan harta bersama sebanyak 2 perkara.Untuk lebih detail lihat table dibawah ini

Data perkara masuk 2010 untuk Perkara Kontensius

Data perkara masuk 2010 untuk Perkara Voulentair/Permohonan

       Dari data tersebut perkara yang diterima Pengadilan Agama Wonosobo selama 2010 mengalami peningkatan sebanyak 2% dari perkara 2009.

       Penyelesaian perkara Pengadilan Agama Wonosobo meliputi sisa perkara 2009 sejumlah 598 dan tahun 2010 sebanyak 2307 perkara, sehingga jumlah perkara yang diselesaikan 2905 perkara.Perkara yang diputus pada tahun 2010 sebanyak 2264 sehingga pada tahun 2010 menyisakan 641 perkara atau sekitar 77,93 % .Untuk detail lihat tabel

Dengan table diatas dapat disimpulkan bahwa jumlah sisa perkara pada tahun 2010 lebih banyak dibanding dengan tahun 2009.

       Faktor perceraian di wonosobo didominasi oleh faktor perselisihan karena tidak adanya keharmonisan, kemudian tidak ada tanggung jawab, ketiga factor ekonomi dan factor factor lainya.

LAST_UPDATED2

PELANTIKAN

E-mail Cetak PDF

PELANTIKAN

KASUBAG KEUANGAN DAN JURUSITA PENGGANTI

PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

 Rabu tanggal 08 Desember 2010 bertepatan dengan tanggal 02 Muharram 1432 H Pengadilan Agama Wonosobo melaksanakan Pengambilan sumpah dan Pelantikan Kasubag Keuangan serta Jurusita Pengganti .Pegawai tersebut  Sdri Ernawati sebagai Kasubag Keuangan   dan  Sdr Komar sebagai Jurusita Pengganti.Pengambilan sumpah dan pelantikan dilaksanakan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Wonosobo.Pejabat yang mengambil sumpah sekaligus melantik adalak Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Bapak Drs.H.ZAENAL HAKIM, S.H.

Dalam kesempatan tersebut Drs.H.ZAENAL HAKIM, S.H.memberikan pengarahan dan pembinaan kepada seluruh Pegawai.Dalam awal sambutannya menekankan bahwa dengan diambilnya sumpah hendaknya pegawai yang disumpah lebih meningkatkan etos dan kualitas kerjanya, sehingga Pengadilan Agama Wonosobo semakin meningkat dan mampu memberikan kepuasan terhadap para pihak berperkara.

Dalam kesempatan pembinaan tersebut Drs.H.ZAENAL HAKIM, S.H. menyampaikan beberapa hasil Rakerda yang dilaksanakan di Semarang antara lain mengenai Penyampaian Blue print Mahkamah Agung RI atau yang dikenal dengan cetak biru Mahkamah Agung RI. Dalam blue print tersebut ada poin poin yang sangat penting dan diperhatikan yaitu tentang reformasi birokrasi., dimana peningkatan kualitas sumber daya manusia yang ada pada jajaran peradilan dan juga tentang penegakan disiplin pegawai negri sipil.

Kemudian juga menekankan tentang kode etik hakim,dimana jikalau kita berdasar pada pedoman Prilaku Hakim insya ALLOH kita akan selamat Bahwa sebenarnya Pedoman Prilaku Hakim sebenarnya bukan dikhususkan para Hakim saja, akan tetapi semua jajaran pegawai Pengadilan Agama berpedoman kepada kode etik tersebut.

Selanjutnya Ketua menginginkan peran serta semua Pegawai Pengadilan Agama Wonosobo, untuk memberikan kontribusi atau masukan demi peningkatan kualitas kerja dan peningkatan pelayanan di Pengadilan Agama.Dan akhir sambutannya mengucapkan selamat kepada kedua pejabat yang dilantik semoga dapat melaksanan tugas sebaik baiknya.

 

 

 

 

 

LAST_UPDATED2

Rapat Koodinasi

E-mail Cetak PDF

RAPAT KOORDINATOR PENGADILAN AGAMA

SEWILAYAH BANYUMAS DAN KEDU

Banyumas | pa-banyumas.go.id (11/11)

Untuk upaya peningkatan kemampuan Hakim, Panitera terhadap penguasaan hukum formil dan hukum materiil serta meningkatkan professionalisme dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, telah diselenggarakan Rapat Koodinasi dan Bedah Berkas Perkara yang diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim dan Panitera   sewilayah Kodinator Banyumas dan Kedu, yang bertempat di ruang pertenuan Pengadilan Agama Banyumas

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang  Drs.H.Chatib Rasyid,SH.MH, menyampaikan pembinaan dan pengarahan  dalam acara Bedah Berkas Perkara

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Banyumas Drs. Waluyo, SH, menyampaikan ucapan selamat datang kepada Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang dan seluruh peserta, dengan diselanggarakannya kegiatan ini semoga menjadi pemacu semangat kerja dan merefrees  pengetahuan  Hakim dan Panitera dalam melaksankan tugas sehari-hari;

 Pada kesempatan ini hadir Bapak Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, yang telah memberikan sambutan sekaligus pengarahan kepada seluruh peserta rapat kordinasi dan bedah berkas  mengungkapkan “ bahwa dalam melaksankan tugas masih bersifat sami’na wa ‘asoina (didengarkan tetapi implementasinya di lapangan berbeda).

Para Peserta Rapat Kordinasi dan Bedah Berkas Perkara Pengadilan Agama sewilayah kordinator Banyumas dan Kedu

Untuk itu Hakim dan Panitera dalam melaksanakan tugasnya  harus selalu memperhatikan kerangka aturan yang berlaku karena kesemuanya telah diatur dalam tata aturan dan petunjuk yang baku;

Acara  rapat kordinasi dan bedah berkas ini berlangsung secara saksama dengan diikuti oleh 47 peserta  dengan penyaji materi Drs. Akhmad Topurudin, MH. ( Hakim Pengadilan Agama Banyumas) dengan dipandu Moderator Drs. H. Kasyful Anwar, SH, MH. ( Ketua Pengadilan Agama Banjarnegara) dengan sistim dialog dimulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.10 WIB. ( nalendra)

 

 

 

LAST_UPDATED2

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL