You are here:

Pelantikan Hakim Pengadilan Agama Wonosobo

E-mail Cetak PDF

PELANTIKAN DAN PELEPASAN HAKIM LAMA DAN BARU

OLEH WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

          Selasa tanggal 1 Juni 2010, Pengadilan Agama Wonosobo mengadakan acara Pelantikan 4 hakim hakim mutasi, Drs. AZAM MUHAMMAD dari Pengadilan Agama Klaten, Drs. M. AMIR ARIFIN dari Pengadilan Agama Sukoharjo, Drs. DARMUDJI dari Pengadilan Agama Kebumen, Drs. SYAMSURIJAL FS. MSI. dari Pengadilan Agama Kendal.

          Acara tersebut juga sekaligus pelepasan bagi 4 hakim, Hj. FARICHAH, SH. dan Drs. H. FURQON YUNUS mutasi ke Pengadilan Agama Banjarnegara, sedangkan Drs. H. MH MADIYAN dan Drs. H. ICHWAN QOMARI, M.Ag. mutasi ke Pengadilan Agama Kendal, tapi dalam acara ini ibu Hj. FARICHAH, SH dikarenakan sakit, sehingga di wakilkan oleh suami.

          Pelantikan dihadiri Ketua Pengadilan Agama Klaten, Ketua Pengadilan Agama Kebumen, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kendal dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo. Di samping itu, hadir juga para keluarga hakim yang dilantik dan keluarga hakim yang di lepas serta rekan-rekannya asal Pengadilan Agama masing-masing serta pimpinan, hakim dan segenap karyawan Pengadilan Agama Wonosobo.

          Bertempat di Aula Pengadilan Agama Wonosobo yang juga Ruang Sidang Utama, acara pelantikan dimulai pada pukul 13.30 WIB diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan pelantikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. SYAHIDI,SH, MSI. Setelah pelantikan dilanjutkan dengan perkenalan dan pelepasan, perkenalan diwakili oleh Drs. M. AMIR ARIFIN, dalam kesempatan tersebut beliau mengatkan bahwa merasa senang bisa bergabung di PA Wonosobo, semoga kerasan dan cepat beradaptasi serta mohon bimbingan dari pimpinan dan masukan dari teman-teman pegawai demi kelancaran dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

          Kata-kata pamitan yang diwakili oleh Bapak Drs. H. ICHWAN QOMARI, M.Ag., dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan banyak terimakasih atas segala bantuan dan kerjasamanya selama ini kepada seluruh jajaran di PA Wonosobo serta mohon maaf apabila selama di PA Wonosobo pernah melakukan kesalahan atau kekurangan, dan mohon doa agar betah dan cepat beradaptasi di kantor yang baru nanti.

          Acara diakhiri dengan Ucapan selamat diawali oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo. Rombongan tamu undangan kemudian Hakim dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Wonosobo.

 

LAST_UPDATED2

Keadaan Perkara

E-mail Cetak PDF
KEADAAN PERKARA
PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

            Tahun 2009  perkara di Pengadilan Agama Wonosobo meningkat  8.4% dari tahun 2008.Kenaikan perkara tidak terlalu signifikan seperti tahun 2008 yang mencapai angka kenaikan sebesar 37% dari tahun 2007. Pada tahun 2009 perkara diterima sebanyak 2244 (dua ribu dua ratus empat puluh empat) perkara terdiri dari perkara contentius sebanyak 2161 perkara dan perkara voluntair sebanyak 83 perkara. Kasus yang masih mendominasi adalah kasus Cerai gugat sebanyak  1272 perkara, kemudian Cerai Talak sebanyak 871 perkara, selebihnya perkara Permohonan.Adapun perkara yang diterima Pengadilan Agama Wonosobo sebagai berikut:

Pada tahun 2009 Pengadilan Agama Wonosobo telah memutus sebanyak 2.234 perkara meliputi sisa perkara tahun 2008 dan perkara tahun 2009.

Untuk lebih detailnya sebagai bahan perbandingan kita lihat tabel di bawah ini:

            Dari tabel diatas penyelesaian perkara Pengadilan Agama Wonosobo juga meningkat secara persentase 2.4% dari tahun 2008.
            Penyebab perceraian masih didominasi oleh faktor ekonomi, yakni suami meninggalkan kewajiban, sekitar 46,3 % sedangkan factor penyebab lainnya adalah masalah moral, gangguan pihak ketiga dan perselisihan terus menerus.

LAST_UPDATED2

pembinaaan

E-mail Cetak PDF

PEMBINAAN HAKIM DAN PEJABAT KEPANITERAAN

KORDINATOR WILAYAH KEDU DI WONOSOBO

         

Jum’at tanggal 11 Desember 2009, bertempat di rumah makan Wono Boga Jl.Ahmad Yani No.02 Wonosobo telah diadakan acara Pembinaan Hakim dan Pejabat Kepaniteraan Pengadilan Agama Sewilayah Kordinator Kedu.

Acara ini dihadiri oleh Ketua PTA Jawa Tengah, Hakim Tinggi PTA, Wakil Panitera PTA dan Ketua, Wakil Ketua, Panitera /Sekretaris, Wakil Panitera, Panitera Muda, serta Kasir sewilayah Karisidenan Kedu.

Acara pembinaan tersebut dibuka oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jawa tengah Drs.H.Chatib Rasyid, S.H., M.H. Dalam sambutannnya Drs.H.Chatib Rasyid, S.H., M.H. menyampaikan beberapa hal yang berkenaan dengan kinerja Pengadilan Agama dan menyampaikan beberapa pesan penting bagi peserta pembinaan tersebut.Beberapa hal yang dapat ditangkap oleh admin pa wonosobo.net adalah ketika Drs.H.Chatib Rasyid, S.H., M.H. menyatakan bahwa Pengadilan Agama merupakan representatip dari umat islam.Ketika kinerja Pengadilan Agama baik maka umat Islam mendapatkan poin yang baik pula bagi masyarakat, sebaliknya ketika kinerja Pengadilan Agama jelek maka umat Islam akan mendapatkan poin jelek juga dimata masyarakat.Acara semacam ini diadakan merupakan upaya peningkatan mutu  kinerja Pengadilan Agama serta dalam rangka pelayanan masyarakat.

Pejabat Pengadilan Agama hendaknya tidak alergi terhadap perubahan dan pembaharuan yang terjadi, hal ini diumpamakan beliau dengan keadaan umat manusia waktu masih bayi, kemudian menjadi dewasa, manakala kita bayi tidak berpakaian, kemudian menginjak besar mulai menutupi anggota tubuhnya, dan semakin dewasa berhias diri memperindah penampilan.Oleh sebab itu maka Pengadilan Agama selalu berusaha untuk menutupi kekurangan, memperbaiki dan berinovasi dengan cara menambah pengetahuan serta kemampuanya.

Acara tersebut dibuka jam 09.00 berakhir pukul 15.00 wib .Semoga acara tersebut menjadikan pemacu bagi Pengadilan Agama untuk berbenah berhias, dan mencapai kinerja yang lebih baik.

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL