You are here:

Tausiyah

E-mail Cetak PDF

Kegiatan Ramadhan 1431 H

di Pengadilan Agama Wonosobo

       Bulan Ramadhan, bulan yang dilimpahi keberkahan yang berlipat ganda oleh Allah SWT, dimana pada bulan tersebut, seluruh orang mukmin menjalankan ibadah puasa, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur`an  Surah Al-baqarah : 183  yang artinya. ”Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al-Baqarah : 183). Mengambil moment ini, maka seluruh pegawai pengadilan agama wonosobo mengadakan kultum setiap hari sehabis shalat dzuhur, yang pembicaranya terdiri atas para hakim di Pengadilan Agama Wonosobo.

       Bertempat di ruangan sidang utama, pada hari pertama Ramadhan, bapak Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo, Drs. H. Syahidi,SH, MSI. berkesempatan memberikan tausiyahnya selepas sholat dzuhur dan dihadiri oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Wonosobo. dalam tausiyahnya Bapak Syahidi menyampaikan Hikmah puasa Ramadhan, diantaranya dengan puasa Ramadhan untuk menanamkan sikap disiplin, disiplin dalam hidup berkeluarga, berkarya sebagai pegawai, dan disiplin dalam hidup bermasyarakat. Hikmah yang lain tentang pengendalian diri, terutama pengendalian diri terhadap hal-hal yang membatalkan puasa, kemudian di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan kultum hari-hari berikutnya sesuai jadwal.

LAST_UPDATED2

Pengawasan

E-mail Cetak PDF

NILAI 8,5 UNTUK

PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

       Selasa tanggal 22 Juni 2010 Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Semarang melaksanakan tugas dari Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang mengadakan pengawasan dan pembinaan di Pengadilan Agama Wonosobo, suatu langkah yang sangat baik untuk peradilan kedepan.

       Dalam acara pembukaan dari jam 07.45 sampai dengan 08.45 WIB di lantai 2 Pengadilan Agama Wonosobo, Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo (Drs.H.Syahidi, SH,MSi) menyampaikan sambutan antara lain menyampaikan selamat datang kepada Tim Pengawas yang diketuai oleh Drs. H. M.Djamhuri Ramadhan, S.H. (Hakim Tinggi) dengan anggota Tim Drs. H. Mahmud J, S.H. (Hakim Tinggi) dan Fahrur, SHI (Panitera Muda Banding), disamping ucapan selamat datang juga Wakil Ketua PA Wonosobo menyampaikan terimakasih.Dalam sambutannya bahwa pengawasan ini adalah wajib dilakukan dalam sebuah institusi apalagi institusi peradilan, karena pengawasan adalah bagian dari sistem pengelolaan suatu organisasi, organisasi tidak bisa lepas dari penerapan prinsip manajemen yang ada 4 (empat ) tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, motifasi yang baik guna menggerakkan organisasi dan terakhir adalah kontrol atau pengawasan apakah organisasi sudah berjalan dengan baik atau belum, disinilah fungsi pengawasan yang sekaligus didalamnya ada fungsi pembinaan, oleh karena itu patut kami sambut dengan baik dan ikhlas karena kami menyadari banyak kekurangan disana sini yang kami laksanakan.

       Tim Pengawas Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Agama Semarang dengan sungguh-sungguh melakukan pengawasan, mengoreksi Register Keuangan perkara, memeriksa buku induk keuangan perkara, buku jurnal keuangan perkara dan memberikan pembinaan langsung dilapangan kepada Panitera Muda dan petugas register perkara maupun petugas jurnal keuangan perkara serta tampak petugas memperhatikan dengan sungguh-sungguh pula.

       Dalam kesempatan itu pula Ketua Tim Pengawas Hakim Tinggi PTA Semarang menyampaikan arahan yang pada pokoknya bahwa pengawasan ini dilakukan bukan untuk mencari kesalahan-kesalahan tetapi untuk mengetahui mana yang belum dilaksanakan sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku dan mana yang sudah dilaksanakan dengan baik serta yang sudah dilaksanakan tetapi belum sesuai ketentuan yang berlaku, disinilah akan dilakukan pembinaan agar kedepan peradilan agama akan lebih baik sesuai yang diharapkan. Ketua Tim menambahkan dalam acara ekspos agar para hakim,semua pejabat pengadilan Agama Wonosobo termasuk juru sita harus memiliki kemampuan dalam melaksanakan tugas, lebih berhati-hati, teliti dan jujur.

       Anggota Tim Drs. H. Mahmud J, S.H. menyampaikan arahan pada kesempatan ekspos bahwa semua pejabat maupun staf harus meningkatkan ilmunya, semangat kerjanya, ketrampilannya dan kejujurannya.

       Anggota Tim yang lain (Fahrur, SHI) menyampaikan beberapa temuan berkaitan dengan pembukuan keuangan pada buku induk keuangan perkara, jurnal keuangan perkara maupun pada buku register perkara.Disamping itu disampaikan pula temuan-temuan dalam bedah berkas perkara, meskipun sudah banyak yang dilaksanakan dengan baik namun  diharapkan kedepan agar dapat ditingkatkan ketelitiannya terutama dalam pembukuan keuangan perkara, Register Perkara dan kepada petugas yang bersangkutan agar melaksanakan tugas dengan baik, proporsional dan menjadi petugas yang profesional.

       Pada akhirnya sambutan Ketua Tim (Drs. H. M.Djamhuri Ramadhan, S.H.) menyampaikan berdasarkan hasil Pengawasan bahwa Pengadilan Agama Wonosobo memperoleh nilai 8,5, Alhamdulillah.

 

LAST_UPDATED2

Pelantikan Hakim Pengadilan Agama Wonosobo

E-mail Cetak PDF

PELANTIKAN DAN PELEPASAN HAKIM LAMA DAN BARU

OLEH WAKIL KETUA PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

          Selasa tanggal 1 Juni 2010, Pengadilan Agama Wonosobo mengadakan acara Pelantikan 4 hakim hakim mutasi, Drs. AZAM MUHAMMAD dari Pengadilan Agama Klaten, Drs. M. AMIR ARIFIN dari Pengadilan Agama Sukoharjo, Drs. DARMUDJI dari Pengadilan Agama Kebumen, Drs. SYAMSURIJAL FS. MSI. dari Pengadilan Agama Kendal.

          Acara tersebut juga sekaligus pelepasan bagi 4 hakim, Hj. FARICHAH, SH. dan Drs. H. FURQON YUNUS mutasi ke Pengadilan Agama Banjarnegara, sedangkan Drs. H. MH MADIYAN dan Drs. H. ICHWAN QOMARI, M.Ag. mutasi ke Pengadilan Agama Kendal, tapi dalam acara ini ibu Hj. FARICHAH, SH dikarenakan sakit, sehingga di wakilkan oleh suami.

          Pelantikan dihadiri Ketua Pengadilan Agama Klaten, Ketua Pengadilan Agama Kebumen, Wakil Ketua Pengadilan Agama Kendal dan Wakil Ketua Pengadilan Agama Sukoharjo. Di samping itu, hadir juga para keluarga hakim yang dilantik dan keluarga hakim yang di lepas serta rekan-rekannya asal Pengadilan Agama masing-masing serta pimpinan, hakim dan segenap karyawan Pengadilan Agama Wonosobo.

          Bertempat di Aula Pengadilan Agama Wonosobo yang juga Ruang Sidang Utama, acara pelantikan dimulai pada pukul 13.30 WIB diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI, dilanjutkan dengan pelantikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. SYAHIDI,SH, MSI. Setelah pelantikan dilanjutkan dengan perkenalan dan pelepasan, perkenalan diwakili oleh Drs. M. AMIR ARIFIN, dalam kesempatan tersebut beliau mengatkan bahwa merasa senang bisa bergabung di PA Wonosobo, semoga kerasan dan cepat beradaptasi serta mohon bimbingan dari pimpinan dan masukan dari teman-teman pegawai demi kelancaran dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

          Kata-kata pamitan yang diwakili oleh Bapak Drs. H. ICHWAN QOMARI, M.Ag., dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan banyak terimakasih atas segala bantuan dan kerjasamanya selama ini kepada seluruh jajaran di PA Wonosobo serta mohon maaf apabila selama di PA Wonosobo pernah melakukan kesalahan atau kekurangan, dan mohon doa agar betah dan cepat beradaptasi di kantor yang baru nanti.

          Acara diakhiri dengan Ucapan selamat diawali oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo. Rombongan tamu undangan kemudian Hakim dan seluruh Pegawai Pengadilan Agama Wonosobo.

 

LAST_UPDATED2

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL