You are here:
E-mail Cetak PDF

“Anak Durhaka” Jika Tidak Menggunakan SIADPA

| badilag.net

Siadpa adalah otomasi bindalmin. Demikian kata Dirjen Badilag Wahyu Widiana saat mengawali  acara paparan akhir dalam kegiatan Penyempurnaan dan Pengesahan Aplikasi Pelaporan Perkara berbasis database SIADPA Plus di Hotel Horison Bandung. Pada kesempatan ini pula hadir TUADA ULDILAG, DR. H. Andi Syamsu Alam SH., MH, TUADA BIN, Widayatno Sastro Hardjono SH., M. Sc. dan Hakim Agung, Prof. DR. H. Abdul Manan SH., S. IP., M. Hum.

Mengawali sesi paparan akhir tersebut, Drs. H. Zaenuddin Fajari SH., M.H. selaku pembicara menyampaikan, Tim Standarisasi Formulir Kepaniteraan yang dipandunya telah menghasilkan 80 formulir kepaniteraan pengadilan agama, diantaranya formulir PMH, penunjukan pantera pengganti, penunjukan juru sita pengganti, PMH dan formulir-formulir lainnya. Begitu juga Komisi I yang mengurusi Tutorial dan Silabus Pembelajaran juga telah menyelesaikan tugas-tugasnya dengan menghasilkan Tutorial Aplikasi SIADPA Plus, silabus Pembelajaran untuk tenaga teknis maupun  Aplikasi SIADPA Plus.

Dari kiri ke kanan Drs. H. Wahyu widiana, MA, Widayatno Sastro Hardjono, SH., M.Sc, DR. H. Andi Syamsu Alam, SH., MH dan Prof. DR. H. Abdul Manan, SH., S.I.p, M.Hum

Selanjutnya, Drs. H. Yamin Awie SH., MH selaku pengarah komisi II bidang panduan dan payung hukum menyampaikan kronologi aplikasi siadpa, mulai dari latar belakang diciptakannya aplikasi siadpa sampai dengan pengembangan-pengembangan yang telah dilakukan sampai saat ini, serta silabus dan tutorial yang akan digunakan untuk melakukan bimbingan teknis atau DDTK tentang aplikasi SIADPA Plus.

LAST_UPDATED2
E-mail Cetak PDF

"SIADPA itu benda mati...."

Keinginan untuk memaksimalkan pemanfaatan SIAPA PLUS merupakan hal yang melatarbelakangi dilaksanakannya sosialisasi dan pelatihan singkat Aplikasi Sistem Informasi Administrasi Perkara Peradilan Agama Plus (SIADPA PLUS) di Pengadilan Agama Wonosobo pada Hari Jum’at Tanggal 02 Desember 2011, bertempat di ruang sidang utama. Acara berlangsung mulai jam 08:00 dan dibuka oleh Panitera/Sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo, Drs.Adjuri. Sosialisasi dan pelatihan ini diikuti oleh semua pegawai dan hakim Pengadilan Agama Wonosobo.

Sebelum acara dimulai, Ketua Pengadilan Agama Wonosobo, Drs. H. Zaenal Hakim, S.H. berkesempatan menyampaikan sambutannya, menyampaikan bahwa salah satu ciri manajemen modern adalah penggunaan teknologi informasi dalam melaksanakan tugas-tugasnya guna mempercepat pelayanan kepada masyarakat para pencari keadilan. Dan dalam hal ini penggunaan SIADPA PLUS secara maksimal, penyelesaian perkara mulai dari pendaftaran hingga pelaporan setiap bulannya dapat diselesaikan dengan cepat, selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa SIADPA adalah benda mati, dapat dirubah dan disempurnakan sesuai keinginan kita serta kita tidak akan tahu kelebihan dan kekurangan SIADPA apa bila kita tidak pernah menggunakannya.

Bertindak sebagai pemimpin sekaligus instruktur dan narasumber dalam sosialisasi tersebut Ketua Pengadilan Agama Wonosobo, Drs. H. Zaenal Hakim, S.H., dengan sabar dan teliti beliau menjelaskan bagian dan menu-menu baru pada SIADPA PLUS, dalam pelatihan ini juga diadakan diskusi dengan para peserta pelatihan tentang kesulitan apa saja yang dialami dalam pemakaian SIADPA PLUS. Sekitar pukul 11:30 pelatihan selesai, dalam penutupannya Ketua Pengadilan Agama Wonosobo mengharapkan setelah sosialisasi ini pemanfaatan SIADPA PLUS di Pengadilan Agama Wonosobo bisa lebih maksimal.

LAST_UPDATED2
E-mail Cetak PDF

PENGAWASAN DAN PEMBINAAN PTA SEMARANG TAHAP III DI

PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

 

Dengan sambutan dingin, cuaca khas wonosobo, Jum’at, 18 Nopember 2011 rombongan Tim Pengawas Daerah PTA Semarang yang terdiri dari Drs.H.Yahya Arul, SH, (Hakim Tinggi PTA Semarang), Drs.H.Ali Muchson, M.Hum, (Hakim Tinggi PTA Semarang), Mohamad Dardiri, SH ( Panitera Muda Hukum PTA Semarang) dan Saiful Akbar (Staf Umum PTA Semarang) akan melaksanakan Pengawasan regular tahap ke III di Pengadilan Agama Wonosobo.


Sekitar pukul 08:00 Tim Pengawas PTA Semarang mulai melaksanakan pemeriksaaan, seperti biasa Tim Pengawas melaksanakan pemeriksaan terhadap aspek – aspek penting dari berkas dan register serta dokumen-dokumen lain yang berkaitan dengan obyek bidang Kepaniteraan serta pemeriksaan di bagian Kesekretariatan. Pemeriksaan diskors untuk melaksanakan ibadah sholat Jum’at, dan istirahat, dan makan siang, kemudian pemeriksaan di lanjutkan sampai selesai.

Bertempat di ruang sidang utama Pengadilan Agama Wonosobo tepat pukul 15:00, expose di mulai dengan pembukaan oleh Ketua Tim Pengawas Drs.H.Yahya Arul, SH, diteruskan dengan penyampaian hasil pemeriksaan oleh Anggota Tim Pengawas, pada kesempatan pertama, Saiful Akbar selaku Pengawas di bidang Kesekretariatan memaparkan hasil dari pemeriksaannya, Saiful Akbar menyampaikan bahwa untuk bidang Kesekretarian di Pengadilan Agama Wonosobo sudah cukup baik, maka perlu dipertahankan dan lebih ditingkatkan. Selanjutnya untuk hasil pemeriksaan  bidang Kepaniteraan masih perlu pembenahan dan perbaikan sebagaimana disampaikan oleh Mohamad Dardiri, SH Panitera Muda Hukum PTA Semarang dan Drs.H.Ali Muchson, M.Hum, Hakim Tinggi PTA Semarang, Drs.H.Yahya Arul, SH, Hakim Tinggi PTA Semarang.


Diakhir acara expose hasil pemeriksaan, Ketua PA.Wonosobo Drs. H. Zaenal Hakim, S.H., menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan pengawasan dan pembinaan oleh Tim Pengawas PTA Semarang, karena dengan adanya pengawasan dan pembinaan maka semua tugas - tugas dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi dan akan segera menindaklanjuti temuan yang disampaikan oleh Tim. Sehingga kedepannya PA. Wonosobo bisa berkembang menjadi lebih baik lagi.

LAST_UPDATED2

Artikel Lain...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL