You are here:
E-mail Cetak PDF

KEGIATAN BULAN RAMADHAN DI

PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

Memasuki Bulan Ramadhan 1438 H sebagai bulan yang penuh berkah, Pengadilan Agama Wonosobo telah mengagendakan beberapa kegiatan. Salah satu kegiatan tersebut adalah dengan menyelenggarakan kultum setiap ba’da sholat  dhuhur berjamaah yang dilaksanakan pada jam 12.00. sebagai pemateri dalam pengajian tersebut adalah para hakim.Kegiatan ini diadakan setiap hari kerja selama bulan Ramadhan, adapun tujuan kegiatan ini adalah untuk memupuk keimanan dan menambah wawasan pengetahuan tentang agama, mempererat ukhuwah islamiyah,  dan menambah ketaqwaan kepada Allah SWT.

            Kegiatan lainnya adalah tadarus Al Quran, kegiatan Tadarus Al Quran dilaksanakan setiap hari setelah kultum selesai, hampir semua pegawai mengikuti kegiatan ini, dengan semua kegiatan dalam bulan Ramadhan ini diharapkan selain untuk meningkatkan keimanan dan menambah wawasan tentang agama, tetapi juga untuk mempererat tali kekeluargaan antar sesama pegawai Pengadilan Agama Wonosobo.

E-mail Cetak PDF

UPACARA HARI LAHIR PANCASILA 

Untuk pertama kalinya tanggal 1 Juni 2017 Pancasila diperingati sebagai hari lahirnya Pancasila dengan upacara bendera layaknya upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Demikian juga yang dilaksanakan di Pengadilan Agama Wonosobo juga dilaksanakan upacara peringatan tersebut dengan Inspektur upacara Ketua Pengadilan Pengadilan Agama Wonosobo Drs. H. Tahrir.

Upacara peringatan hari lahir Pancasila ini diikuti oleh seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Wonosobo mulai dari Hakim sampai pegawai Honorer. Walaupun dalam suasana melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan 1438 H. namun sesuai pantauan redaktur semangat untuk mengikuti upacara yang baru pertama kali ini ditanggapi secara antusias. Hal ini sebagaimana di sampaikan oleh H. Irawan Hari Waluyo SH dalam wawancaranya dengan dengan redaktur beliau menyampaikan bahwa akhir-akhir ini Pancasila hampir dilupakan oleh anak bangsa kita bahkan tidak sedikit pejabat publik di negara kita ini yang tidak hafal sila-sila yang ada di dalam Pancasila, maka peringatan kali ini merupakan momentum yang cukup bagus agar bangsa ini tidak meninggalkan falsafah Negara kita yakni Pancasila;

Upacara dimulai tepat pukul 08.00 WIB. dengan Komandan upacara Komar SH. setelah memberikan penghormatan kepada Pembina Upacara selanjutnya komandan yang merupakan juru sita di Pengadilan Agama Wonosobo tersebut melaporkan kesiapan barisan untuk mengikuti upacara hari lahir Pancasila yang 72;.

Kemudian dilakukan pengibaran bendera Merah Putih oleh petugas yang dialnjutkan dengan penghormatan yang dipimpin oleh Komandan Upacara yang disusul dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara.,

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Teks Pancasila dan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

LAST_UPDATED2
E-mail Cetak PDF

Pak Dirjen  : "Pimpinan pengadilan harus menguasai administrasi umum"

manajemen mutu

Semarang|pta-semarang.go.id (05/05/2017)

Dalam rangka pemahaman sistem manajemen mutu bagi aparat peradilan agama di Jawa Tengah, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama  melaksanakan Sosialisasi Manajemen Mutu dan Evaluasi Reformasi Birokrasi. Acara ini merupakan bentuk keseriusan Ditjen Badilag, agar peradilan agama mampu memberikan kualitas pelayanan yang maksimal dan berstandar.

Acara yang diselenggarakan pada hari Jumat 5 Mei 2017 di aula Pengadilan Tinggi Agama Semarang dibuka oleh Dirjen Badilag Drs. H. Abdul Manaf, MH. dalam sambutanya Dirjen Badilag menyampaikan bahwa pimpinan pengadilan disamping harus menguasai teknis yudisial, juga harus menguasai administrasi umum, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan. Dirjen Badilag menyayangkan banyak peserta yang ikut fit and proper test calon pimpinan pengadilan, kurang menguasai administrasi umum.

“peserta fit and proper test itu kalo ditanya hukum acara seperti petasan, bunyi terus kalau tidak distop tidak berhenti-berhenti, tapi kalau sudah masuk pertanyaan tentang administrasi umum, mereka diam”. Demikian disampaikan Pak Dirjen.

Diakhir sambutannya Dirjen Badilag berpesan untuk menjaga kekompakan pimpinan dalam melaksanakan tugas. “Saya berharap antara ketua, wakil ketua, panitera dan sekretaris berjalan seirama dan harmonis, jaga kekompakan, kalau memang ada masalah segera ditindaklanjuti dan dilaporkan ke tingkat banding agar diberikan solusi yang terbaik”. Pesan Dirjen.

Sosialisasi diikuti oleh Hakim Tinggi, Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama se Jawa Tengah. Hasil dari acara ini diharapkan peserta dapat memahami sistem manajemen mutu dan peningkatan penerapan reformasi birokrasi di lingkungan masing-masing.

LAST_UPDATED2

Artikel Lain...

JPAGE_CURRENT_OF_TOTAL