Pengumuman 
 Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 30 November 2018  Detail

 

SAAT BAWAS MA TIDAK LAGI MAMPU MENGAWASI

 

Hari Senin tanggal 3 Desember 2018 seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Agama Wonosobo mengadakan apel pagi untuk mengawali kegiatan rutinnya sebagai pegawai Pengadilan Agama Wonosobo.

Apel dipimpin oleh komandan Upacara Bambang Waluyo yang merupakan juru sita Pengadilan Agama Wonosobo, setelah melakukan penghormatan dan menyampaikan laporan kesiapan barisan, apel dilanjutkan dengan pembacaan budaya malu yang diikuti oleh seluruh peserta apel pagi;

 

Pembina apel Drs. Moh. Zainudin SH.MH. dalam amanatnya menyampaikan hasil pembinaan terhadap pimpinan di empat lingkungan Peradilan yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 29 Nopembner 2018 yang bertempat di Ruang pertemuan Gedung Pengadilan Tinggi Semarang.

Pembinaan dilakukan oleh Kepala Bagian Pengawasan Mahkamah Agung RI Nugroho Setiaji, SH. Plt. Sekretaris Komisi Yudisial dan dari Komisi Pemberantasan Korupsi.

Ka Bawas dalam kesempatan tersebut menyatakan lembaganya cukup berat melaksanakan pengawasan kepada jajaran Pengadilan mulai Hakim, Panitera, Juru Sita  dan pegawai Pengadilan, oleh karena itu saat ini Mahkamah Agung RI telah melakukan kerjasama yang intensif dengan Komisi Yudisial dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk melakukan pengawasan terhadap prilaku Hakim di semua tingkat dan lingkungan yang ada di Mahkamah Agung RI. Panitera, juru sita dan seluruh pegawai yang berada di bawah Mahkamah Agung, dengan demikian ke depan pengawasan akan lebih intensif dan menyeluruh agar cita-cita menjadi Peradilan yang agung dapat tercapai;

Masalah yang paling mendasar yang dilakukan oleh Hakim dan juga pegawai lainnya di lingkungan Mahkamah Agung adalah karena telah terabaikannya Kode Etik Perilaku Hakim, Panitera dan juga Juru Sita padahal Kode Etik merupakan pegangan utama yang harus dilakukan oleh Hakim, Panitera dan juga Juru sita berkaitan dengan perilaku baik didalam lingkungan kedinasan maupun di luar kedinasan;

Lebih lanjut Kepala Badan Pengawasan Mahkamah Agung menekankan agar seluruh pegawai di lingkungan Mahkamah Agung kembali membuka dan membaca kembali kode etik masing-masing pegawai.

Setelah pembinaan di Pengadilan Tinggi dilakukan, acara dilanjutkan dengan pembinaan khusus untuk lingkungan peradilan Agama yang dilakukan di Ruang pertemuan Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah.

Dalam pembinaan tersebut KPTA Semarang lebih menekankan terhadap pelayanan terhadap masyarakat yang merupakan pintu pertama masuknya perkara, sehingga perlu peningkatan profesionalismenya.

SIPP yang selama ini telah diterapkan di Pengadilan Agama ke depan akan lebih ditingkatkan lagi baik yang menyangkut adiministrasi peradilan maupun keuangan perkara, sehingga semua kegiatan dan aktifitas kita selama  kita bekerja semuanya akan terpantau secara langsung, oleh karena itu diharapkan agar seluruh pegawai mampu bekerja secara profesional;

Setelah pembinaan oleh Pembina apel selesai, apel dilanjutkan dengan dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh salah seorang Cakim yang sedang magang di Pengadilan Agama Wonosobo; (laparievhumaspawsb)

 

 

 

 

 

Informasi Jadwal Sidang Pengadilan Aagama Wonosobo

 

 

Lebih Lanjut

Syarat Syarat Berperkara di Pengadilan Agama Wonosobo 

1. Syarat Pengajuan Perceraian              4. Syarat Pengajuan Dispensasi Kawin

2. Syarat Pengajuan Poligami                 

3. Syarat Pengajuan Beda Nama

 Kunjungi