Pengumuman 
 Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP Tanggal 30 November 2018  Detail

 

SOSIALISASI PENJAMINAN MUTU PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

 

Pengadilan Agama Wonosobo adalah salah satu Pengadilan Agama yang mengikuti penilain SAPM untuk gelombang terakhir yang dilaksanakan oleh Mahkamah Agung RI. Dalam kesempatan tersebut Pengadilan Agama Wonosobo meraih predikat A. Exelent, satu penilaian tertinggi dalam hal akreditasi penjaminan mutu di lingkungan Pengadilan.

Namun demikian prestasi yang telah diperoleh tersebut tidak berhenti sampai disitu akan tetapi implementasi di dalam melaksanakan tugas sehari-hari haruslah dapat terealisasi dengan baik’

Sesuai dengan perkembangan akreditasi yang ada di lingkungan Mahkamah Agung maka ada perubahan yang cukup signifikan berkaitan dengan aktreditasi ini.

Berkaitan dengan hal tersebut maka Pengadilan Agama Wonosobo melakukan sosialisasi penjaminan mutu model terbaru. Rapat dipimpin langsung oleh Plh. Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. Rahmat Farid MH. Dimana dalam arahanya beliau mengharapkan agar semua pegawai Pengadilan Agama Wonosobo yang masuk dalam struktur Tim Penjaminan Mutu untuk lebih aktif dan dapat memahami system penjaminan mutu yang paling baru sebagai pengganti SAPM yang lalu.

Dalam kesempatan tersebut ketua Tim Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Wonosobo Drs. Rofi’I MH juga menyampaikan harapannya agar seluruh pegawai ikut terlibat dalam mensukseskan program penjaminan mutu di Pengadilan Agama Wonosobo, masing-masing bagian harus dapat bekerja sama dengan baik sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal.

Selanjutnya dilakukan sosialisasi yang disampaikan langsung oleh Assesor Nasional yang juga sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo Zulfikar Arif Rahman SH.MM. dalam  kesempatan sosialisasi tersebut ada beberapa hal yang disampaikan oleh beliau antara lain :

  • Struktur Organisasi Tim Penjaminan Mutu.
  • Uraian tugas Tim
  • Panduan Penyusunan eviden dan
  • Tata kerja Tim

Lebih lanjut beliau mengatakan kalau SAPM yang lalu yang menjadi penanggung jawab kegiatan dipegang oleh masing-masing PJ, maka untuk system penjaminan mutu sekarang ini dipegang oleh masing-masing bagian yang berada di Pengadilan, seperti pimpinan Pengadilan, Panitera dan Sekretaris. Sehingga struktur organisasinyapun berubah menjadi tiga bagian yakni : assessor internal, Tim Survey Kepuasan Masyarakat dan pengedali dokumen dan yang paling urgen untuk pengendali dokumen untuk sekarang ini bukan PJ akan tetapi langsung oleh pejabat yang bersangkutan. Dengan demikian masing-masing pegawai dalam hal ini para pejabat baik di kepaniteraan maupun kesekretariatan harus mampu menguasai jobnya masing-masing termasuk para hakim pengawas bidang yang diharapkan dapat bersinergi dengan Tim Penjaminan mutu agar di dalam pengawasan dapat dilakukan sekaligus dalam waktu yang bersamaan.

Beliau juga mengatakan Sistem penjaminan mutu yang sekarang ini nampak lebih mudah dan praktis untuk dilaksanakan karena lebih sederhana namun lebih pada personal action pada pegawai yang bersangkutan, dan khususnya bagi PA Wonosobo haruslah berusaha untuk dapat mempertahankan nilai yang telah diperoleh, walaupun survelen yang mungkin akan dilaksanakan masih cukup lama akan tetapi persiapan harus dilaksanakan sedini mungkin agar dapat diperoleh nilai yang memuaskan;

Tepat pukul 16.30 acara sosialisasi selesai dan diharapkan ada pertemuan-pertemuan berikutnya agar lebih menambah wawasan mengenai system penjaminan mutu; (lap.arievhumaspawsb)

 

  

 

 

 

 

Informasi Jadwal Sidang Pengadilan Aagama Wonosobo

 

 

Lebih Lanjut

Syarat Syarat Berperkara di Pengadilan Agama Wonosobo 

1. Syarat Pengajuan Perceraian              4. Syarat Pengajuan Dispensasi Kawin

2. Syarat Pengajuan Poligami                 

3. Syarat Pengajuan Beda Nama

 Kunjungi