MONITORING KEBIJAKAN DIRJEN BADILAG

 

Hari Senin tanggal 18 Nopember 2019 Pengadilan Agama Wonosobo  mendapat kunjungan secara mendadak dari Hakim Tinggi Pengawas Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H. Taufiq SH. MH.

Kedatangannya tersebut tanpa disangka-sangka yang hadir di Pengadilan Agama Wonosobo pada jam 08.30 WIB. Sebagaimana juga Tim APM Badilag Hakim Tinggi Pengawas ini bertujuan untuk memantau  serta memonitoring 9 kebijakan Dirjen Badilag yang beberapa waktu yang lalu baru diluncurkan;

Sebelumnya Hakim Tinggi Pengawas telah mengirimkan instrument pelaksanaan kebijakan tersebut agar dapat diisi sesuai dengan keadaan di Pengadilan Agama Wonosobo.

Secara umum Pengadilan Agama Wonosobo telah melaksanakan 9 program tersebut walaupun dalam pelaksanaannya masih perlu dilakukan pembenahan-pembenahan demi kesempurnaan program tersebut.

Sebagaiman diketahui Dirjen Badilag baru-baru ini telah meluncurkan 9 kebijakan yang harus diterapkan di semua Pengadilan Agama di Indonesia. Kebijakan tersebut adalah :

  1. Aplikasi notifikasi perkara
  2. Aplikasi informasi perkara dan informasi produk pengadilan agama
  3. Aplikasi antrian sidang
  4. Aplikasi verifikasi data kemiskinan (kerja sama dengan AIPJ dan TNP2K)
  5. Command centre Badilag
  6. Aplikasi e- eksamninasi
  7. Aplikasi PNBP
  8. E-register perkara
  9. E-keuangan perkara

 

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan ekspose hasil monitoring dimana dalam kesematan tersebut Hakim Tinggi Pengawas menyampaikan agar apa yang telah dicapai oleh Pengadilan Agama Wonosobo selama ini perlu dipertahankan dan sekaligus untuk dapat ditingkatkan.

Lebih lanjut Hakim Tinggi Pengawas mengatakan dantara latar belakang dari kebijakan penerapan kebijakan Dirjen Badilag yang harus diterapkan di semua satker minimal ada 4 hal yang ingin dicapai yaitu :

  1. Meningkatkan profesionalitas aparatur Peradilan Agama;
  2. Mewujudkan manajemen Peradilan Agama yang modern;
  3. Meningkatkan akses masyarakat terhadap Peradilan Agama;
  4. Akuntabilitas dan transparansi badan peradilan.

Tepat pukul 14.30 ekspose selesai selanjutnya dilakukan ramah tamah dan foto bersama antara Hakim Tinggi Pengawas dengan semua pegawai Pengadilan Agama Wonosobo; (lap.arievhumaspawsb)