PENGHARGAAN IKPA UNTUK PENGADILAN AGAMA WONOSOBO

Kementerian Keuangan RI  setiap semester memberikan penilaian kepada Satuan Kerja yang mampu merealisasikan DIPA  tahun Anggaran berjalan secara tepat Waktu.

Kementerian Keuangan melalui Kantor KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Banjarnegara telah memberikan penilaian kepada 49 Satuan Kerja (Satker) yang berada di wilayah KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Banjarnegara untuk pada Semester I tahun 2019.

Penilaian dilakukan dengan kriteria yang cukup ketat yang dilakukan oleh Kementerian Keuangan melalui Kantor KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Banjarnegara dengan tanpa campur tangan pihak lain.

IKPA (Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran) merupakan salah satu tools yang akan menjadi alat monitoring evaluasi dan pembinaan pelaksanaan anggaran satuan kerja (satker),  didalam penilaiannya memilik 4 aspek yaitu :

  • Aspek kesesuaian perencanaan terhadap pelaksanaan anggaran;
  • Aspek efektifitas pelaksanaan kegiatan;
  • Aspek efisiensi pelaksanaan kegiatan dan
  • Aspek kepatuhan terhadap regulasi;

Berdasarkan keempat hal tersebut Pengadilan Agama Wonosobo mendapat penghargaan IKPA peringkat pertama yang diserahkan langsung oleh Kepala Kantor KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara) Banjarnegara dengan nilai 99.88.

Menanggapi perolehan penghargaan tersebut Sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo H. Zulfikar Arif Rahman Purba SH.MM. mengatakan penghargaan tersebut paling tidak harus kita pertahankan dan kita tingkatkan lagi.

Berkaitan dengan hal tersebut maka perlu pemahaman seluruh unsur didalam pengelolaan anggaran tersebut karena realisasi anggaran tergantung seluruh unsur yang ada serta indikator-indikator penunjang didalam merrealisasikan anggaran; (ariev humas pawsb)