FASE BARU MAHKAMAH AGUNG RI

 

Hari Senin tanggal 19 Agustus 2019 merupakan hari jadi Mahkamah Agung Republik Indonesia yang tahun ini merupakan hari jadi yang ke 74.

Untuk memperingati hari jadi tersebut Pengadilan Agama Wonosobo melakukan upacara untuk memperingati Hari jadi Mahkamah Agung yang diikuti oleh seluruh Pegawai dan cakim yang sedang magang di Pengadilan Agama Wonosobo.

Tema yang diambil didalam peringatan hari jadi Mahkamah Agung tahun ini adalah Peradilan Madern Berbasis Teknologi Informasi untuk Melayani;

Upacara dimulai tepat pada pukul 08.00 dengan Inspektur Upacara Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. Muh, Zainudin SH. MH.

Bertindak sebagai komandan upacara Moh. Irsyad Abdul Anam S.Sy, setelah memimpin penghormatan selanjutnya melaporkan kesiapannya untuk melaksanakan upacara hari Jadi Mahkamah Agung RI.

Dalam kesempatan ini Inspektur upacara menyampaikan sambutan dari Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali S.H, MH. Dimana beliau menyampaikan hari jadi Mahkamah Agung merupakan agenda tahunan yang tidak sekedar sebagai sebuah peringatan seremonial namun merupakan momentum untuk kembali merefleksikan keberadaan lembaga Mahkamah Agung dalam tatanan Kenegaraan serta kontribusi lembaga peradilan dalam perkembangan masyarakat dan Negara.

Lebih lanjut Inspektur Upacara menyampaikan apabila dalam peringatan Mahkamah Agung yang ke 73 telah dicapai lompatan besar melalui penerbitan PERMA Nomor 3 tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan secara Elektronik. Kebijakan yang dikenal sebagai e-court ini telah diterapkan di tiga lingkungan peradilan yang berada di Mahkamah Agung yang mendapat respons positif dari masyarakat dimana dari tiga lingkungan peradilan yakni lingkungan peradilan umum, peradilan Agama dan Peradilan tata usaha Negara perkara yang masuk melalui e-court mencapai 14.552 perkara.

 Inspektur Upacara lebih jauh menyampaikan e-court yang telah diberlakukan di tiga peradilan yang berada di bawah Mahkamah Agung tersebut telah dikembangkan lebih lanjut untuk mendorong Badan Peradilan Indonesia memasuki fase berikutnya sebagai peradilan modern melalui pengenalan e-litigasi, dimana kebijakan tersebut telah mendapat persetujuan dari Pimpinan Mahkamah Agung untuk melengkapi ketentuan-ketentuan dalam hukum acara perdata agar lebih adaptif dengan perkembangan masyarakat yang telah banyak beriteraksi secara virtual.

E-litigasi juga kedepan akan dikembangkan dalam varian-varian perkara perdata dan Tata Usaha Negara termasuk kebijakan-kebijakan yang baru disahkan oleh Mahkamah Agung.

Lebih lanjut Ketua Mahkamah Agung mengajak agar momen peringatan hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Mahkamah Agung ke 74 ini kita bersama-sama mewujudkan keunggulan Indonesia dengan berkontribusi secara maksimal dalam peran yang kita emban di lembaga peradilan . Lembaga Peradilan merupakan rumah besar yang harus kita jaga sebagai tumpuan harapan para pencari keadilan.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh cakim Putra Tondi Hasibuan SH. MH.

Dalam wawancara singkatnya salah seorang Hakim yang cukup senior di Pengadilan Agama Wonosobo Drs. Rakhmat Farid MH . berharap dengan semakin dewasanya usia Mahkamah Agung maka diharapkan kita semua mampu melayani para pencari keadilan yang umumnya di Wonosobo adalah masyarakat menengah ke bawah dengan sebaik-baiknya dengan mengedepankan akhlaq yang mulia melalui sapa, senyum dan salam  (lap.arievhumas pawsb);