Hari Selasa tanggal 25 Juni 2019 kurang lebih jam 15.00 halaman Kantor Pengadilan Agama Wonosobo dilanda kobaran api yang cukup besar, api yang berkobar tersebut disaksikan oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Wonosobo yang saat itu bersamaan masuknya waktu asar.

Beruntung saat api berkobar tidak ada kendaraan yang parkir di dekat kobaran api tersebut sehingga tidak sampai menelan korban. Bersyukur api berhasil cepat dipadamkan oleh Susilo yang juga Satpam Pengadilan Agama Wonosobo .

Demikian simulasi cara penanggulangan kebakaran yang  disampaikan oleh Dinas Kebakaran Kabupaten Wonosobo. Dari Dinas Kebakaran Kabupaten  Wonosobo yang saat itu adalah Habib Suhardi, Joko Supriyanto dan Ruliyanto.

Simulasi diikuti oleh seluruh Pegawai Pengadilan Agama Wonosobo yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs.Moh.Zainudin SH.MH. Acara dimulai dengan persiapan pasukan yang di siapkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Dr. H. Moh. Faishol Hasanudin SH.MH.

Simulasi diawali dengan penjelasan cara penggunaan APAR (alat pemadam api ringan) yang disampaikan oleh Habib Suhardi yang ternyata hamper semua peserta simulasi baru pernah melihat cara penggunaan alat tersebut. Lebih lanjut  Habib Suhardi menyampaikan standard minimal

   

kebutuhan APAR untuk Pengadilan Agama Wonosobo yang ternyata masih jauh dari jumlah kebutuhan yang harus terpenuhi;

Dalam acara tersebut beberapa orang pegawai Pengadilan Agama Wonosobo langsung mempraktekkan penggunaan APAR tersebut yang ternyata amat sangat mudah.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta simulasi dengan petugas dari Dinas DAMKAR Kabupaten Wonosobo seputar cara penanggulangan kebakaran baik disebabkan karena kebakaran kompor gas maupun konsleting listrik; (ariefhumas pawsb)