PA WONOSOBO KEDATANGAN TIM ZONA INTEGRITAS PA PURWOREJO

 

(15/3/2019) bertepatan dengan hari Jumat, Pengadilan Agama Wonosobo kedatangan tamu yaitu Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Purworejo yang dipimpin oleh Drs. Ali Shofwan, SH.

Kedatangan tim kerja Pembangunan Zona Integritas ingin menimba ilmu tentang Zona Integritas di Pengadilan Agama Wonosobo yang terlebih dahulu telah melakukan pencanangan Zona Integritas pada bulan Oktober 2018 yang lalu.

Tim ini disambut secara hangat oleh Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Drs. Muh. Zainuddin, SH., MH., didampingi Wakil Ketua Pengadilan Agama Wonosobo Dr. H. Faishol Hasanuddin, SH., MH, dan Ketua Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Wonosobo Drs. Rahmat Parid serta Panitera dan Sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut, tim menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengadilan Agama Wonosobo yang berkenan menerima kedatangan Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Purworejo yang akan belajar tentang Zona Integritas mulai dari pencanangan, hal ini dikarenakan Pengadilan Agama Purworejo baru akan melakukan pencanangan Zona Integritas dalam waktu dekat ini, untuk itu agar lebih matang dan memahami tata cara pelaksanaan pencanangannya, kami berguru ke Pengadilan Agama Wonosobo yang telah terlebih dahulu melakukannya.

Setelah beramah tamah acara dilanjutkan dengan pemaparan materi Zona Integritas yang disampaikan oleh Sekretaris Pengadilan Agama Wonosobo Zulfikar Arif Rahman Purba, yang menjelaskan beberapa tahapan yang harus dilakukan satker untuk bisa dapat memperoleh predikat Satker yang telah ber Zona Integritas, mulai dari pencanangan hingga usulan ke pengadilan tingkat banding sebagai TPPI (Tim Persiapan Penilain Internal) yang nantinya akan meneruskan usulan pengadilan tingkat pertama untuk dinilai oleh Tim Penilai Internal (TPI) dalam hal ini Mahkamah Agung dan selanjutnya ke Tim Penilai Nasional dalam hal Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sebagai tahap akhir proses penilaian.

 

Dan saat ini Pengadilan Agama Wonosobo juga telah melakukan inovasi berupa Pengintegrasian eviden-eviden yang diminta di dalam pelaksanaan Akreditas Penjaminan Mutu (APM), Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas, sehingga satker yang melaksanakan dan mengimplementasikan ketiga kegiatan tersebut tidak merasa berat dan bingung dalam melaksanakannya.

Di akhir Tim kerja Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Purworejo merasa puas dengan sambutan dan pencerahan yang telah diberikan dan berharap kerjasama ini tidak berhenti sampai di sini saja, karena ke depan setelah melakukan pencanangan Zona Integritas Pengadilan Agama Purworejo masih berharap dapat bertukar pikiran dan diskusi di dalam pelaksanaan Akreditasi Penjaminan Mutu, Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas (ZARP_wsb)